Pengaruh Penggunaan Metode Thawing Terhadap Sifat Fisik, Kadar Sulfit Dan Nilai PH Produk Frozen Slice Mushrooms (Studi Kasus Di PT Eka Timur Raya)

Zahro, Lathifatus (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Thawing Terhadap Sifat Fisik, Kadar Sulfit Dan Nilai PH Produk Frozen Slice Mushrooms (Studi Kasus Di PT Eka Timur Raya). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan TA)
Ringkasan TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (112kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 TA (1).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (114kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dapus TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (116kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy

Abstract

Jamur kancing (Agaricus bisporus) atau yang sering disebut jamur champignon adalah jamur pangan yang memiliki bentuk bulat layaknya kancing dengan warna putih atau kream atau coklat muda. Jamur ini memiliki kandungan protein dan serat yang cukup tinggi dan nutrisi lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Penanganan jamur kancing yang umum digunakan yaitu pembekuan. Produk jamur beku yang di produksi di Indonesia salah satunya yaitu dari PT. Eka Timur Raya berupa produk Frozen Slice Mushrooms. Produk Frozen food sebelum diolah menjadi makanan perlu dilakukan proses pencairan (thawing) begitupun pada produk Frozen Slice Mushrooms. Namun proses thawing pada produk Frozen Slice Mushrooms tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Perlu penggunaan metode yang tepat untuk pencairan produk Frozen Slice Mushrooms dikarenakan dapat menurunkan kualitas produk dari segi fisik maupun kimianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode thawing terhadap sifat fisik dan kimia produk frozen slice mushrooms serta untuk mengetahui metode thawing yang terbaik untuk digunakan pada proses pencairan produk Frozen Slice Mushrooms yang diamati dari sifat fisik dan kimia produk. Sifat Fisik yang diamati berupa cooking loss (susut masak) dan susut bobot produk. Fisik kimia yang diamati berupa kadar natrium metabisulfite dan nilai pH produk. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak kelompok (RAK) dua faktorial. Faktor pertama yaitu metode thawing yang terdiri dari 1. Thawing dengan air mengalir 30℃ (T1), 2. Thawing dengan air bersuhu 100℃ (T2), 3. Thawing dengan air bersuhu 60℃ (T3) dan 3. Thawing dengan suhu ruang 25-30℃ (T4). Faktor kedua yaitu lama pembekuan yang terdiri dari 1. pembekuan 1 (P1), 2. Pembekuan 2 (P2) dan 3. Pembekuan 3 (P3). Penelitian ini dilaksanakan di PT. Eka Timur Raya (Etira) pada bulan Maret – April 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode thawing berpengarh terhadap sifat fisik frozen slice mushrooms secara nyata pada parameter cooking loss dan susut bobot pada komponen panjang payung dan tinggi tangkai serta tidak berpengaruh nyata pada komponen lebar tangkai. Metode thawing berpengaruh terhadap sifat kimia frozen slice mushrooms secara nyata pada parameter kadar sulfit dan tidak berpengaruh nyata pada parameter nilai pH. Metode thawing yang terbaik untuk produk frozen slice mushrooms jika dilihat dari sifat fisiknya menggunakan thawing dengan air mengalir (T1) dan jika dilihat dari sifat kimianya menggunakan thawing dengan ar bersuhu 100℃ (T2).

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRakhmadevi, Ade GaluhNIDN0017127707
Uncontrolled Keywords: Jamur Kancing, Metode Thawing, Kadar Sulfit
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Lathifatus Zahro
Date Deposited: 29 Jul 2023 05:27
Last Modified: 29 Jul 2023 05:28
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26738

Actions (login required)

View Item View Item