Analisis Kebutuhan Rak Penyimpanan Rekam Medis Rawat Inap di RSUD Haji Provinsi Jawa Timur

Ghazali, Cici Syarifah Al (2022) Analisis Kebutuhan Rak Penyimpanan Rekam Medis Rawat Inap di RSUD Haji Provinsi Jawa Timur. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
1. Cici Syarifah Al Ghazali - Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (128kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Cici Syarifah Al Ghazali - Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (209kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. Cici Syarifah Al Ghazali - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Cici Syarifah Al Ghazali - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (135kB)

Abstract

Sarana pelayanan yang berkaitan dengan penyelenggaraan rekam medis salah satunya adalah tempat penyimpanan berkas rekam medis (filing). Penyimpanan berkas rekam medis akan berjalan dengan baik apabila terdapat fasilitas yang menunjang seperti rak penyimpanan berkas rekam medis. Rak penyimpanan berkas rekam medis sangat penting dan berpengaruh terhadap terlaksananya sistem penyimpanan di rumah sakit. Sistem penomoran berkas rekam medis menggunakan Unit Numbering System (UNS) yaitu suatu sistem penomoran yang memberikan satu nomor rekam medis pada pasien berobat jalan maupun pasien rawat inap dan gawat darurat. Di RSUD Haji Provinsi Jawa Timur, setiap pasien yang akan rawat inap maka pasien tersebut akan diberikan berkas rekam medis baru dengan nomor rekam medis yang sama. Dengan banyaknya berkas rekam medis pasien rawat inap tersebut akan menyebabkan rak penyimpanan berkas rekam medis mudah penuh. Berdasarkan hasil penelitian di RSUD Haji Jawa Timur dengan menggunakan metode observasi, diketahui jumlah kunjungan pasien baru rawat inap tahun 2017 sampai dengan 2019 di RSUD Haji Provinsi Jawa Timur mengalami peningkatan, sedangkan pada tahun 2020 sampai dengan 2021 mengalami penurunan dikarenakan pandemi Covid-19. Lama simpan berkas rekam medis rawat inap aktif selama 5 tahun. Ukuran berkas rekam medis rawat inap memiliki ukuran panjang 36,2 cm dan lebar 24 cm dengan rata-rata tebal berkas rekam medis rawat inap yaitu 0,71 cm. Jenis rak yang akan digunakan pada masa yang akan datang adalah rak roll o’pack. perlu dilakukan pengusulan pengadaan rak roll o’pack sebanyak 3 roll o’pack jika menggunakan roll o’pack A, jika menggunakan roll o’pack B dibutuhkan sebanyak 3 roll o’pack, jika menggunakan roll o’pack C dibutuhkan sebanyak 1 roll o’pack, jika menggunakan roll o’pack D dibutuhkan sebanyak 1 roll o’pack, jika menggunakan roll o’pack E dibutuhkan sebanyak 1 roll o’pack untuk penyimpanan berkas rekam medis baru rawat inap dalam mengefisiensi penyimpanan berkas rekam medis.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSanti, Maya WekaNIDN0015059202
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 352 - Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Kesehatan Kerja; Hiperkes)
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > PKL
Depositing User: Cici Syarifah Al Ghazali
Date Deposited: 11 Aug 2023 01:26
Last Modified: 11 Aug 2023 01:27
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26718

Actions (login required)

View Item View Item