Pengaruh Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Sitokinin Terhadap Induksi Kalus Tembakau Varietas Na-Oogst (Nicotiana tabacum L.) Secara In Vitro

Adiwinata, Dirga Arya (2023) Pengaruh Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Sitokinin Terhadap Induksi Kalus Tembakau Varietas Na-Oogst (Nicotiana tabacum L.) Secara In Vitro. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text
A32201665_DIRGA ARYA ADIWINATA_RINGKASAN TA.pdf

Download (8kB)
[img] Text
A32201665_DIRGA ARYA ADIWINATA_BAB 1 TA.pdf

Download (10kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
A32201665_DIRGA ARYA ADIWINATA_FUL TEXT.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
A32201665_DIRGA ARYA ADIWINATA_DAFTAR PUSTAKA TA.pdf

Download (402kB)

Abstract

Tembakau ( Nicotiana tabacum L.) merupakan tanaman perkebunan yang banyak dibudidayakan oleh petani karena nilai ekonominya yang tinggi. Tembakau meningkatkan pendapatan pemerintah melalui pajak dan cukai. Tugas akhir ini menggunakan zat pengatur tumbuh (ZPT) sitokinin karena dapat meningkatkan perkembangan kultur sel tanaman serta pertumbuhan dan pembelahan Rumusan masalah apakah ada pengaruh pemberian ZPT sitokinin terhadap induksi kalus (N tabacum), Berapa konsentrasi optimal ZPT sitokinin terhadap induksi kalus (N tabacum. tujuan mengetahui pengaruh pemberian ZPT sitokinin terhadap induksi kalus, mengetahui konsentrasi sitokinin yang optimal terhadap induksi kalus. Rancangan kegiatan ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial dengan 4 (empat) perlakuan, antara lain: BAP 0,0 ppm (K1), BAP 0,5 ppm (K2), BAP 1,0 ppm (K3), BAP 1,5 ppm (K4). Masing masing taraf konsentrasi terdiri dari 5 kali pengulangan Berdasarkan hasil Tugas Akhir yang dilakukan pembentukan kalus karena sitokinin BAP dapat merangsang pembelahan sel, penggandaan kalus, mendorong proliferasi meristem ujung dan mendorong pembentukan klorofil kalus. Perubahan warna kalus menunjukkan perubahan tahap pertumbuhan sel dari sel muda dan aktif yang berwarna putih membelah menjadi sel dewasa yang berwana kuning. Perubahan warna pada kalus tersebut disebabkan karena adanya sintesis zat fenolik di dalam sel atau kalus. Tekstur kalus yang didapatkan pada tugas akhir ini yaitu kalus kompak. Pada umur 8 minggu setelah tanam pada media diperoleh kalus dengan tekstur kompak dan padat, berwarna putih kekuningan, kecoklatan dan bening serta agak cair dan berwarna hijau.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTaufika, RamadhanNIDN0001049105
Uncontrolled Keywords: Pengaruh zpt, Sitokinin,Tembakau, In vitro
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Dirga Arya Adiwinata
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:11
Last Modified: 04 Sep 2023 02:11
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26684

Actions (login required)

View Item View Item