Pengaruh Beberapa Metode Hidrasi dan KNO3 Pada Priming Benih Jagung Manis (Zea mays saccharata Sturt) Terhadap Mutu Fisiologis Benih dan Pertumbuhan Vegetatif

Antika, Zainani Nur (2023) Pengaruh Beberapa Metode Hidrasi dan KNO3 Pada Priming Benih Jagung Manis (Zea mays saccharata Sturt) Terhadap Mutu Fisiologis Benih dan Pertumbuhan Vegetatif. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
Abstrak sipora.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 sipora.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (199kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA sipora.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (327kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
A41191634_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jagung manis (Zea mays saccharata Sturt) merupakan komoditas populer di Indonesia karena memiliki rasa yang manis. Gen pengkode rasa manis dalam jagung manis menyebabkan rendahnya viabilitas dan vigor benih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek priming benih dengan KNO3 dan beberapa metode pelembaban terhadap mutu fisiologis dan pertumbuhan vegetatif jagung manis. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Pengolahan Benih dan lahan Politeknik Negeri Jember pada bulan Agustus hingga November 2022. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan empat ulangan. Data dianalisis menggunakan anova dan uji lanjut Beda Nyata Terkecil (BNT) 5%. Faktor pertama adalah bahan priming yaitu reverse osmosis water (RO water) dan KNO3. Faktor kedua adalah metode hidrasi yaitu perendaman, pelembaban di atas kertas dan perendaman dengan aerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan priming dan metode perendaman memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keserempakan tumbuh benih, kecepatan tumbuh benih, mean germination time, indeks vigor, diameter batang dan jumlah daun. Interaksi antara priming KNO3 dan metode pelembaban di atas kertas memberikan pengaruh yang signifikan pada parameter keserempakan tumbuh sebesar 37,50% dan indeks vigor sebesar 59,25%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSantika, PutriNIDN0003099106
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Benih > Tugas Akhir
Depositing User: Zainani Nur Antika
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:00
Last Modified: 01 Aug 2023 02:01
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26654

Actions (login required)

View Item View Item