Efektifitas Keseluruhan (Overall Equipment Effectiveness) Pada Proses Pengepresan Plat Besi Di Ud. Ch. Barokah Koperasi Waru Buana Putra.

ABDURROZAK, MOH. A’LA (2023) Efektifitas Keseluruhan (Overall Equipment Effectiveness) Pada Proses Pengepresan Plat Besi Di Ud. Ch. Barokah Koperasi Waru Buana Putra. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI JEMBER.

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (115kB)
[img] Text (BAB 1. PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (120kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (117kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
LAPORAN LK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Efektivitas merupakan metode untuk mengukur sejauh mana suatu industri atau perusahaan memaksimalkan proses peroduksi mereka, salah satu contoh peningkatan efisiensi produksi adalah melalui evaluasi berkala terhadap fasilitas dan kinerja peralatan mesin produksi. Masalah umum yang menyebabkan ganguan dalam kegiatan produksi dapat dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu masalah yang sisebabkan oleh faktor manusia, masalah yang disebabkan mesin, dan masalah yang disebabkan oleh lingkungan. Ketiga faktor tersebut dapat saling berpengaruh dan mepengaruhi produktivitas secara keseluruhan. Faktor dan tujuan dari penelitihan ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana alat berproduksi, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektifitas proses produksi pengepresan plat besi. Para meter yang digunakan pada saat penelitian yaitu lama dari jam kerja alat pada saat berproduksi, lama dari waktu istirahat alat (istirahat jangka pendek dan jangka panjang), mengamati waktu pada saat alat tidak tidak digunakan, menghitung kecepatan ideal pada saat alat berproduksi, menghitung total produksi perhari serta mengamati produk yang rusak. Dari pengamatan yang dilakukan bisa disimpulkan bahwa dalam proses pengepresan yang menggunakan alat pres hidrolik. Mendapatkan nilai dari perhitungan yang diperoreh rata rata nilai diperoleh nilai dari availability 86%, nilai performance 56%, nilai quality 99%, dan nilai OEE 47%, dalam pengukuran efektifitas produksi pada proses pengepresan plat besi dengan mengunakan metode OEE (Overall Equtment Effectiveness) pada 5 kali pengulangan diperoleh rata-rata nilai OEE 47%, dengan perhitungan persentase nilai terbesar pada pengamatan yang ke 5 yaitu 59%. Dan presentase paling terendah pada perhitungan yang ke 2 yaitu 27%, nilai ini belum memenui nilai dari jpm sehingga tingkat efektifitas pada proses pengepresan di Ud. Ch. Barokah belum memenuhi dari setandar JPM. penyebab tidak mencapai nilai ideal pada performance adalah adanya jumlah produksi yang tergantung pada pemesanan bahan yang relatif rendah makah akan berpengaruh pada kecepatan nilai produksinya, dimana jumlah produksi sangat berpengaruh pada perhitungan performance. Apabilah jumlah produksi sedikit maka nilai dari performance kecil, apabila jumlah produksi yang dihasilkan suatu perusahaan maupun industri mencapai target maka nilai dari performance akan menjadi ideal. faktor lain adalah dilihat dari lama downtime alat tersebut, merupakan lama mesin yang menganggur karena adanya ketergantungan dari pemesanan, lama dari persiapan sebelum proses peroduksi. Semakin banyaknya nilai dari downtime, maka akan berpengaruh pada nilai availability, untuk bisa memenui nilai ideal dari oee sendiri, membutuh kan nilai dari keseluruan untuk bisa dikatakan ideal maka nilai bisa mencapai >85%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSaleh, Anang SupriadiNIDN0004126703
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 432 - Teknik Produksi (dan Atau Manufakturing)
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 435 - Teknik Industri
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 445 - Teknik Material (Ilmu Bahan)
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > Tugas Akhir
Depositing User: Moh A'la Abdurozak
Date Deposited: 27 Jul 2023 10:17
Last Modified: 27 Jul 2023 10:18
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26622

Actions (login required)

View Item View Item