Analisis Perhitungan Beban Kerja Tenaga Rekam Medis di Bagian Pendaftaran Rawat Jalan Dengan Menggunakan Metode WISN di RSUD Haji Provinsi Jawa Timur

Umami, Ainul Rifa Kholifatul (2022) Analisis Perhitungan Beban Kerja Tenaga Rekam Medis di Bagian Pendaftaran Rawat Jalan Dengan Menggunakan Metode WISN di RSUD Haji Provinsi Jawa Timur. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
1. Ainul Rifa Kholifatul Umami - Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (65kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Ainul Rifa Kholifatul Umami - Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (195kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. Ainul Rifa Kholifatul Umami - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Ainul Rifa Kholifatul Umami - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (186kB)

Abstract

Setiap unit di rumah sakit memerlukan perhitungan beban kerja agar tidak tumpang tindih dalam melakukan pekerjaan sehingga beban kerja sesuai kapasitas yang dibutuhkan. Salah satunya di bagian rekam medis sangat membutuhkan perhitungan beban kerja. Beban kerja adalah besarnya beban pekerjaan yang harus dijalankan oleh satu jabatan atau unit organisasi. Dilihat dari banyaknya pasien rawat jalan yang mendaftar dan kurangnya petugas pendaftaran rawat jalan, hal tersebut menyebabkan tingginya beban kerja yang dirasakan oleh petugas karena belum dilakukan perhitungan beban kerja. Latar belakang pendidikan petugas pendaftaran rawat jalan rata-rata lulusan SMA. Waktu kerja tersedia petugas pendaftaran rawat jalan adalah petugas memiliki 1.832 jam kerja/tahun dan 109.920 menit/tahun. Hari kerja 5 hari/minggu dan jam kerja efektif 8 jam/hari. Waktu kelonggaran petugas pendaftaran dipengaruhi oleh waktu ishoma 1jam/hari. Berdasarkan perhitungan standar kelonggaran pada pendaftaran rawat jalan di RSUD Haji Provinsi Jawa Timur yaitu 0,142 jam/tahun. Kebutuhan ideal SDM petugas pendaftaran berdasarkan perhitungan WISN (Workload Indicator Staff Need) di RSUD Haji Provinsi Jawa timur pada masing-masing sub bagian adalah Jumlah petugas pendaftaran pasien rawat jalan baru 1 orang dan dibutuhkan penambahan petugas sebanyak 1 orang, jumlah petugas pendaftaran pasien rawat jalan BPJS 7 orang dan dibutuhkan penambahan petugas sebanyak 7 orang, jumlah petugas pendaftaran pasien rawat jalan lama 1 orang dan dibutuhkan penambahan petugas sebanyak 2 orang, jumlah petugas pendaftaran pasien rawat jalan pihak ketiga 1 orang dan dibutuhkan penambahan petugas sebanyak 1 orang. Peneliti menyarankan untuk melakukann perekrutan pegawai yang dilakukan oleh Kepala instalasi rekam medis yang mengusulkan perekrutan pegawai kepala bagian kepegawaian. Kebutuhan SDM di RSUD Haji Provinsi Jawa Timur khususnya bagian SDM Rekam Medis minimal berpendidikan D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan agar sesuai dengan Permenkes No. 55 tahun 2013.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSanti, Maya WekaNIDN0015059202
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 370 - Ilmu Keperawatan dan Kebidanan > 373 - Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Ainul Rifa Kholifatul Umami
Date Deposited: 11 Aug 2023 01:38
Last Modified: 11 Aug 2023 01:38
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26585

Actions (login required)

View Item View Item