Studi Efisiensi Reproduksi Pada Sapi Perah Betina Dengan Paritas Yang Berbeda di PT Nusantara Agri Sejati Sukabumi Jawa Barat

Aziz, Abdul (2023) Studi Efisiensi Reproduksi Pada Sapi Perah Betina Dengan Paritas Yang Berbeda di PT Nusantara Agri Sejati Sukabumi Jawa Barat. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan .pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (15kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (82kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy

Abstract

Sapi perah adalah salah satu hewan ternak ruminansia dengan produksi utama berupa susu. Sapi Friesian Holstein (FH) merupakan jenis sapi perah dengan kemampuan produksi yang baik dibanding jenis sapi perah lainnya. Sapi FH juga mudah beradaptasi dengan lingkungan sehingga banyak dibudidaya di berbagai negara sub tropis ataupun negara tropis seperti di Indonesia. Efisiensi reproduksi menjadi salah satu faktor dalam menentukan keberhasilan usaha peternakan sapi perah. Penelitian ini dilaksanakan di PT Nusantara Agri sejati pada tanggal 1 Agustus sampai 30 November 2022. Berlokasi di Jl. Batusela, Kampung Lemah Duhur RT 01/011, Desa Margaluyu, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawabarat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan pengaruh anatara paritas dengan efisiensi reproduksi sapi perah Friesian Holstein (FH). Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 ekor sapi perah Friesian Holstein (FH) dengan paritas yang berbeda. Parameter yang diamati meliputi service per caoncepcion (S/C), conception rate (CR) days open (DO), dan calving interval (CI). Pengolahan data menggunakan metode analisis korelasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara paritas sapi dengan efisiensi reproduksi. Semakin tinggi paritas sapi maka efisiensi reproduksi semakin menurun hal ini dibuktikan dengan tingginya nilai S/C, rendahnya nilai CR, lamanya DO dan CI pada setiap pertambahan paritas. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa parits sapi memiliki pengaruh terhadap efisiensi reproduksi dengan korelasi positif yang sangat kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSyahniar, Theo MahisetaNIDN0717068704
Uncontrolled Keywords: Efisiensi reproduksi, service per caoncepcion (S/C), conception rate (CR), days open (DO) dan calving interval (CI).
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Abdul Aziz
Date Deposited: 28 Jul 2023 05:09
Last Modified: 28 Jul 2023 05:10
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26582

Actions (login required)

View Item View Item