Produksi dan Pemasaran Frozen Food Gyoza Sayur

Susanti, Mulla Amalia Agus (2023) Produksi dan Pemasaran Frozen Food Gyoza Sayur. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
ringkasan ta.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (363kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1 ta.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (766kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
dapus ta.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (528kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
laporan ta fix tanpa lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Produksi dan Pemasaran Frozen Food Gyoza Sayur, Mulla Amalia Agus Susanti, NIM B32201643, Tahun 2023, 89 halaman. Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Drs. Syaiful Bachri, MM (Pembimbing).Gyoza adalah hidangan dimsum atau dumpling yang popular di Jepang, gyoza sendiri berasal dari China dan memiliki nama asli Jiaozi. Gyoza terdiri dari dua bagian, yaitu bagian kulit dan bagian isi. Frozen food gyoza sayur merupakan inovasi olahan gyoza dengan penambahan bayam pada kulit dan isiannya memakai bahan pangan lokal berupa sayuran, yakni wortel dan jantung pisang sebagai pengganti daging pada gyoza. Dipilihnya sayuran sebagai bahan isi untuk meningkatkan penggunaan wortel dan jantung pisang sebagai bahan isian gyoza didasarkan karena pemanfaatan dari sayuran tersebut kurang optimal, sementara pengolahan makanan cemilan dari wortel dan jantung pisang belum banyak dikreasikan. Proyek usaha mandiri (PUM) ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan frozen food gyoza sayur yang dapat diterima konsumen dan menganalisa kelayakan produk ini. Kegiatan PUM diawali dengan survey pasar, pra produksi, produksi dan pemasaran. Parameter yang diamati adalah pengawasan mutu bahan baku, pengawasan mutu produk jadi, rendemen, kerusakan, uji mutu hedonik dan uji hedonik. Produksi produk frozen food gyoza sayur dilakukan sebanyak 15 kali produksi menghasilkan 90 kemasan yang terjual dengan harga Rp. 18.000,- berat setiap kemasan berisi 10 pcs. Pemasaran yang dilakukan menggunakan metode langsung dan tidak langsung melalui media sosial. Media sosial yang digunakan adalah WhatsApp dan Instagram. Keuntungan yang didapat sebesar Rp. 458.237,- dengan laju keuntungan sebesar 39% hasil penjualan dan R/C ratio 1,39. Dimana jika R/C ratio >1 usaha frozen food gyoza sayur dinyatakan usaha menguntungkan dan layak untuk diusahakan

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBachri, SyaifulNIDN0025096905
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: mulla amalia agus Susanti
Date Deposited: 29 Jul 2023 07:10
Last Modified: 29 Jul 2023 07:12
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26553

Actions (login required)

View Item View Item