Proses Pencucian Pada Pengolahan Kopi Robusta Menggunakan Raung Washer di PT.Perkebunan Nusantara XII Kebun Kaliselogiri Banyuwangi

Sitanggang, Apriani Keresenia Hanna Maria Br (2022) Proses Pencucian Pada Pengolahan Kopi Robusta Menggunakan Raung Washer di PT.Perkebunan Nusantara XII Kebun Kaliselogiri Banyuwangi. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Magang - Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (302kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Magang - Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (310kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Magang - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (182kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Magang - Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan Magang bertujuan untuk memperluas wawasan, pengetahuan, dan pengembangan cara berpikir secara logis antara teori dengan proses kerja yang ada di industri/perusahaan. Sekaligus berlatih menyesuaikan diri dengan kondisi lapangan. Salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dibidang perkebunan ialah PTPN. PTPN menjadi perusahaan yang mengelola tanaman perkebunan mulai dari Cengkeh, Sawit, Karet, Kopi, Teh, Tebu, Kakao, dan lain-lain. magang dilaksanakan selama 12 minggu mulai 05 September- 23 Desember di PTPN XII Kebun Kaliselogiri – Banyuwangi. Kebun Kaliselogiri memproduksi kopi dengan jenis robusta, pengolahan kopi yang dilakukan hanya sampai pada tahap kopi beras/ose (biji kopi kering). Metode yang digunakan dalam pelaksanaan Magang adalah metode observasi, wawancara, studi pustaka dan penerapan kerja dengan mengikuti seluruh aktivitas yang ada di PTPN XII Kebun Kaliselogiri – Banyuwangi. Kegiatan pengolahan meliputi beberapa proses mulai dari pengupasan, pencucian, pengeringan, penggerbusan, pemilahan, sortasi, dan penyimpanan. PTPN XII Kebun Kaliselogiri proses pencucian menggunakan mesin Raung Washer, proses pencucian dengan mesin raung washer bertujuan untuk menghilangkan seluruh lapisan lendir dan kotoran lainnya yang masih tertinggal di kulit tanduk. Selama kegiatan magang di PTPN Kebun Kaliselogiri yang didapat oleh mahasiswa yaitu : Menambah wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa pada proses pengolahan kopi robusta,dapat mengoperasikan dan melakukan perawatan mesin pengolahan kopi di PTPN XII Kebun Kaliselogiri.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIswahyono, IswahyonoNIDN0010116405
Uncontrolled Keywords: Kopi Robusta, Proses Pengolahan
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > PKL
Depositing User: Apriani Keresenia Hanna Maria Br Sitanggang
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:56
Last Modified: 27 Jul 2023 08:56
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26545

Actions (login required)

View Item View Item