Perancangan Layout Pembuatan Pagar Area Header Sukro Oven guna Meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PT Dua Kelinci

Maulidiah, Lifia Ikhda (2022) Perancangan Layout Pembuatan Pagar Area Header Sukro Oven guna Meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PT Dua Kelinci. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (25kB)
[img] Text (BAB 1. Pendahuluan)
BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (94kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (84kB)

Abstract

PT Dua Kelinci merupakan perusahaan penyedia makanan ringan yang berdiri pada tahun 1972. Salah satu produk unggulan PT Dua Kelinci yaitu Sukro Oven. Produk ini terbuat dari kacang yang dilapisi tepung dan di panggang menggunakan oven tanpa proses penggorengan. Proses pemanggangan dilakukan menggunakan uap panas yang dihasilkan oleh boiler yang kemudian dialirkan melalui steam heder yang memanaskan oven guna memanggang adonan Sukro. Kecelakaan kerja yang dapat diakibatkan mesin header di antaranya yaitu kebocoran pada valve, kebocoran pada valve dapat menyebabkan pekerja yang berada di sekitar mesin header terkena uap panas yang dihasilkan oleh mesin tersebut. Pada level yang lebih tinggi, risiko kecelakaan kerja yang dapat disebabkan oleh mesin heder yaitu luka bakar. Suhu yang tinggi pada mesin header dapat menyebabkan luka bakar pada orang yang tidak sengaja menyentuh bagian mesin header. Melalui komitmenya, PT Dua Kelinci menerapkan SMK3 menuju zero accident untuk mengurangi risiko kecelaan yang dapat sewaktu waktu menimpa pekerja. Pembangunan pagar pada area header Sukro Oven merupakan penanganan yang dipilih oleh perusahaan untuk dapat mengurangi risiko kerja yang dapat terjadi. Proses perancangan pagar dimulai dengan survei lokasi dan mapping area header Sukro Oven, hasil pengukuran akan digunakan sebagai acuan pembuatan layout. Layout yang telah di buat selanjutnya akan melalui proses approval gambar oleh manager, senior manager, direktur operasional dan board of director PT Dua Kelinci.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNurwahyuningsih, NurwahyuningsihNIP199002262020122005
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 435 - Teknik Industri
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 352 - Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Kesehatan Kerja; Hiperkes)
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > PKL
Depositing User: Lifia Ikhda Maulidiah
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:47
Last Modified: 27 Jul 2023 08:48
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26541

Actions (login required)

View Item View Item