Rancang Bangun Dynotest Dan Aplikasi Kompetensi Berbasis Internet Of Things pada Laboratorium Teknik Otomotif Politeknik Negeri Jember

Pahlevi, Rizal (2023) Rancang Bangun Dynotest Dan Aplikasi Kompetensi Berbasis Internet Of Things pada Laboratorium Teknik Otomotif Politeknik Negeri Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
1. E32201406 Rizal Achmad Pahlevi - Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. E32201406 Rizal Achmad Pahlevi - Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (79kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. E32201406 Rizal Achmad Pahlevi - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. E32201406 Rizal Achmad Pahlevi - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (170kB)

Abstract

Dynotest bertujuan untuk melakukan pengujian dan evaluasi performa mesin otomatis, Sistem ini memanfaatkan teknologi Dynamometer yang digunakan untuk mengukur dan merekam parameter kinerja mesin ,seperti daya, torsi, dan kecepatan pengukur dan merekam parameter kinerja mesin, seperti daya, torsi, dan kecepatan putar mesin, Dynotest juga dilengkapi dengan sensor-sensor yang memonitor kondisi lingkungan dan suhu mesin selama pengujian. Selain itu, sistem ini juga terintegrasi dengan Aplikasi Desktop untuk me monitoring secara realtime dan Aplikasi Kompetensi berbasis WEB dan IoT, Aplikasi in memungkinkan para pengguna, seperti mahasiswa dan dosen, untuk memantai dan menganalisis data pengujian secara melalui koneksi internet. Dengan aplikasi ini, para pengguna dapat mengakses data pengujian dari mana saja dan kapan saja, sehingga memudahkan mereka dalam melakukan analisis dan pengambilan keputusan. Penerapan Teknologi IoT memberikan manfaat yang signifikan. Pertama, sistem informasi dan aplikasi kompetensi berbasis IOT meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengujian performa mesin otomotif. Kedua, aplikasi ini memfasilitasi pembelajaran jarak jauh dan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa, terutama dalam analisis data dan diskusi. Sistem Dynotest dan aplikasi kompetensi berbasis IoT dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen informasi laboratorium . Dengan demikian, rancangan dan implementasi Dynotest beserta aplikasi kompetensi berbasis IoT ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengujian dan pembelajaran di Laboratorium Teknik Otomotif Politeknik Negeri Jember serta memberikan kontribusi dalam pengembangan Teknologi Otomotif secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWidiawan, BeniNIDN0016087806
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 457 - Teknik Komputer
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Teknik Komputer > Tugas Akhir
Depositing User: Rizal Achmad Pahlevi
Date Deposited: 29 Jul 2023 05:19
Last Modified: 29 Jul 2023 05:21
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26507

Actions (login required)

View Item View Item