Produksi dan pemasaran Es krim tape singkong

hendrawan, Barata Ananta (2023) Produksi dan pemasaran Es krim tape singkong. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (235kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (224kB)
[img] Text (Full Text)
Full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (242kB)

Abstract

Es krim adalah makanan jenis semi padat (dessert) yang dibuat dengan cara pembekuan tepung es krim atau campuran susu, lemak hewani maupun nabati, gula, atau tanpa bahan makanan lain dan tambahan makanan yang diizinkan. Hidangan ini banyak digemari berbagai kalangan terutama anak – anak, karena terbuat dari susu yang kaya akan protein dan energi. Pelaksanaan Proyek Usaha Mandiri (PUM) adalah dengan inovasi salah satu produk es krim yaitu dengan rasa tape singkong yang dibuat dengan formulasi yang terbaik. Es krim tape singkong merupakan perpaduan yang tepat anatara es krim dan tape singkong yang kaya akan manfaat bagi tubuh, memiliki rasa yang unik, warna yang menarik dan tekstur yang lembut. Tujuan dari kegiatan usaha Proyek Usaha Mandiri ini diantaranya adalah memproduksi es krim tape singkong dan memperoleh karakteristik yang dapat diterima oleh konsumen, mendapatkan strategi pemasaran es krim tape singkong dengan menggunakan freezer toko yang dapat menghambat pelelehan pada saat distribusi, mendapatkan analisa usaha produksi es krim tape singkong yang layak untuk dilanjutkan sebagai usaha. Metodologi yang digunakan dalam produksi es krim tape singkong meliputi persiapan bahan, penimbangan, pemasakan, pembekuan, mixing, pengemasan, pengerasan. Prouksi es krim tape singkong direncanakan menghasilkan 300 cup dalam 15 kali produksi yang dijual dengan harga Rp. 4.500. Penjualan es krim tape singkong dilakukan secara langsung dan melalui social media. Keuntungan yang didapatkan sebesar Rp. 655.511 dengan laju keuntungan 72% dari hasil penjualan es krim tape singkong. Usaha tersebut layak untuk dijalankan karena mengacu dari R/C Ratio 1,72 dimana R/C Ratio > 1 maka usaha produksi es krim tape singkong tersebut layak untuk usaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSasmita, Irene Ratri AndiaNIDN0702119102
Uncontrolled Keywords: Es krim tape singkong, Produksi dan pemasaran Es krim
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Barata Ananta Hendrawan
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:01
Last Modified: 27 Jul 2023 06:02
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26501

Actions (login required)

View Item View Item