Penggunaan Karton Box Sebagai Kemasan Sekunder Pada Produk Frozen Mushrooms Di PT Eka Timur Raya (ETIRA) Pasuruan, Jawa Timur

Zahro, Lathifatus (2022) Penggunaan Karton Box Sebagai Kemasan Sekunder Pada Produk Frozen Mushrooms Di PT Eka Timur Raya (ETIRA) Pasuruan, Jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan Laporan Magang.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (110kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Laporan Magang.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (166kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dapus Laporan Magang.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (163kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Magang Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan magang dilaksanakan di PT Eka Timur Raya (Etira) yang terletak di Jl. Raya Nongkojajar No.km 1,4, Borong, Cowek, Kec Purwodadi, Pasuruan Jawa Timur 67163. PT Etira merupakan perusahaan swasta yang mengelola dan membudidayakan jamur kancing (Agribiscus Bisporus) dan jamur portabella. Perusahaan ini mengolah jamur dalam bentuk kaleng, pouch, dan dibekukan. Pada produk olahan jamur beku diperlukan penggunaan kemasan sekunder untuk melindungi produk dari kerusakaan eksternal selama proses distribusi dan dapat beradaptasi dengan suhu dingin. Salah satu kemasan sekunder yang digunakan yaitu berupa karton box. Karton box merupakan kemasan berbahan kardus tebal yang didesain dengan ukuran ketebalan dan kerapatan partikel yang berbeda-beda, karton box digunaan sebagai kemasan sekunder pada produk makanan untuk melindungi produk dari kerusakan eksternal yang dapat membuat mutu produk berkurang. Umumnya karton box terdiri dari tiga bagian yaitu bagian dalam (bottom liner), bagian luar (top liner) dan bagian tengah bergelombang disebut flute. Karton box terdiri dari beberapa macam sesuai dengan jenisnya. Berdasarkan jenis flutenya karton dibagi menjadi empat jenis yaitu A flute dengan ukuran 4.0 – 4.8mm, B flute 2.1 – 3mm, C flute 3.2 – 3.9mm, E flute 1.0 – 1.8mm. Berdasarkan permukaannya (face) dibagi menjadi 2 jenis yaitu Single face, Double face. Sedangkan berdasarkan wallnya dibagi menjadi 3 jenis, yaitu Single wall, Double wall, Triple wall. Berdasarkan hasil pengamatan menunjukkan bahwa karon box yang digunakan sebagai kemasan sekunder pada produk frozen mushrooms di PT Etira berupa karton box jenis double wall dengan ukuran 5mm dan tipe Flute BE. Penggunaan karton box dengan jenis ini merupakan pilihan yang tepat. Hal tersebut dikarenakan jenis karton box ini dapat melindungi produk didalamnya lebih maksimal saat proses distribusi serta dapat menghemat tempat penyimpanan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRakhmadevi, Ade GaluhNIDN0017127707
Uncontrolled Keywords: Frozen Mushrooms, Karton Box, Kemasan Sekunder
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > PKL
Depositing User: Lathifatus Zahro
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:41
Last Modified: 28 Jul 2023 08:42
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26485

Actions (login required)

View Item View Item