Pertambahan Bobot Badan dan Konversi Pakan Domba Betina dengan Pemberian Suplementasi Probiotik Selenium Yeast dengan Level yang Berbeda

Nurhuda, Rizki (2023) Pertambahan Bobot Badan dan Konversi Pakan Domba Betina dengan Pemberian Suplementasi Probiotik Selenium Yeast dengan Level yang Berbeda. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN HUDA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (315kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN HUDA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (207kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFPUS HUDA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (423kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap Huda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB) | Request a copy

Abstract

Untuk penggemukan domba, pemeliharaan biasanya dilakukan dalam jangka waktu tertentu hingga mencapai bobot yang diinginkan. Di bidang penggemukan domba permintaannya semakin meningkat karena kebutuhan pasar yang semakin besar. Sistem peternakan domba di Indonesia sangat ekstensif, domba dilepaskan untuk mencari makan pada siang hari dan dikembalikan ke kandang pada sore hari. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian suplementasi probiotik selenium yeast dengan level yang berbeda terhadap PBBH dan konversi pakan domba betina. Penelitian ini dilaksanakan selama 28 hari yaitu pada tanggal 19 Oktober – 16 November 2022 di PT. Pandu Bina Sejahtera. Adapun bahan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu domba ekor tipis betina sebanyak 9 ekor. Dengan perlakuan, P0 (kontrol hijauan dan kosentrat), P1 (kontrol dan 1 kapsul selenium yeast), dan P2 (kontrol dan 2 kapsul selenium yeast). Parameter yang diamati meliputi konsumsi pakan, pertambahan berat badan harian (PBBH), dan konversi pakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian probiotik selenium yeast memberi pengaruh terhadap pertambahan bobot badan harian, namun tidak pengaruh terhadap konsumsi pakan dan konversi pakan. Pada pertambahan bobot badan harian dan konversi pakan perlakuan P2 memiliki nilai terbaik, sedangkan konsumsi pakan yang terbaik pada perlakuan P1. penggunaan suplementasi probiotik selenium yeast dapat diberikan kepada ternak sebanyak 2 gr/ekor/hari untuk meningkatkan performa pertambahan bobot badan domba. Untuk penelitian selanjutnya, sebaiknya pemberian suplementasi probiotik selenium yeast harus menyesuaikan kondisi ternak seperti masa adaptasi ternak terhadap pakan yang diberikan, agar performa yang dihasilkan dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAdhyatma, M.NIP199101282019031014
Uncontrolled Keywords: Penambahan bobot badan harian(PBBH), yeast, suplemen
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Rizki Nurhuda
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:22
Last Modified: 27 Jul 2023 07:22
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26475

Actions (login required)

View Item View Item