Penambahan Pupuk Hayati Bakteri Endofit Untuk Meningkatkan Hasil Produksi Jagung Manis Di Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan

Safitri, Diana (2023) Penambahan Pupuk Hayati Bakteri Endofit Untuk Meningkatkan Hasil Produksi Jagung Manis Di Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (BAB1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
Laporan PKL Diana Safitri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan Malang sebagai tempat praktik kerja lapang (PKL) karena terdapat kesesuaian antara bidang ilmu yang ditekuni mahasiswa dengan instansi. Pada Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) bertugas memberikan pelajaran mempersiapkan serta melatih karakter mahasiswa agar lebih siap menghadapi dunia pekerjaan. Tanaman jagung pada masa partumbuhannya membutuhkan unsur hara N untuk membantu pertumbuhan batang, daun dan bunga jantan. Unsur hara N pada tanah memiliki ketersediaan yang sangat terbatas sedangkan unsur hara N merupakan makronutrien esensial untuk pertumbuhan tanaman. Upaya peningkatan unsur hara N pada tanah dapat melalui pemberian pupuk hayati penambat N2. Bakteri endofit mampu meningkatkan kemampuan tanaman dalam memperoleh nitrogen, fosfor dan kalium dari tanah (Young et al., 2013). Pada penelitian Tamba et al. (2016) menyatakan bahwa bakteri penambat nitrogen endofit dapat menambat N2 dan berdampak pada hasil serapan N oleh tanaman. Dengan kemampuan bakteri penambat nitrogen tersebut dalam menyediakan N maka bakteri tersebut dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman jagung. Berdasarkan data hasil produksi jagung manis dengan penambahan pupuk hayati bakteri endofit memberikan pengaruh terhadap tinggi tanaman, warna daun dan tongkol jagung. penambahan pupuk hayati memiliki tinggi yang lebih seragam karena dipengaruhi oleh penambahan dosis pupuk hayati. Hal ini menunjukkan bahwa keberadaan bakteri endofit membantu pertumbuhan tanaman jagung. kombinasi penambahan pupuk hayati dan pupuk anorganik berpengaruh terhadap kandungan klorofil pada tanaman jagung. kemampuan bakteri endofitik dalam mensuplai unsur hara N dapat meningkatkan biomassa tanaman jagung.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDamanhuri, DamanhuriNIDN0008025906
Uncontrolled Keywords: Penambahan Pupuk Hayati Bakteri Endofit Untuk Meningkatkan Hasil Produksi Jagung Manis
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Diana Safitri
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:48
Last Modified: 27 Jul 2023 07:48
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26442

Actions (login required)

View Item View Item