ANALISIS MARGIN PEMASARAN TELUR AYAM RAS DI UD.SUPERMAMA FARM KABUPATEN BANYUWANGI

Akbar, Teguh Haekal (2023) ANALISIS MARGIN PEMASARAN TELUR AYAM RAS DI UD.SUPERMAMA FARM KABUPATEN BANYUWANGI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (160kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (167kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (280kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy

Abstract

Analalis Margin Pemasaran Telur Ayam Ras di UD. Supermama Farm Kabupaten Banyuwangi, Teguh Haekal Akbar, NIM C31200535, Tahun 2023, 32 Halaman, D3 Produksi Ternak, Peternakan, Politeknik Negeri Jember, Dr. Niswatin Hasanah, S.Pt., MP. (Dosen Pembimbing). Ayam ras merupakan jenis ayam dari luar negeri yang bersifat unggul sesuai dengan tujuan pemeliharaannya karena telah mengalami perbaikan mutu genetik. Ayam petelur merupakan ternak yang dikhususkan untuk menghasilkan telur konsumsi dilihat dari rata-rata produksi telur yang berada di UD. Supermama Farm Banyuwangi yang mencapai 2,5 ton perhari tentu perlu adanya perkembangan dalam manajemen pemasaran yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui saluran pemasaran, margin dan keuntungan, tingkat efisiensi dari masing-masing lembaga pemasaran telur ayam ras yang berada di UD. Supermama Farm Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode wawancara terhadap peternak, pedagang pengumpul, pedagang pengecer dan konsumen akhir. Berdasarkan dari pengamatan yang telah dilaksanakan yaitu saluran pemasaran yang berada di UD.Supermama Farm memiliki 4 saluran. Saluran 1 yang terdiri dari (peternak ke konsumen akhir), sistem saluran 1 merupakan saluran secara langsung. Saluran 2 yang terdiri dari (peternak ke pedagang pengecer dan konsumen akhir). Saluran 3 yang terdiri dari (peternak ke pedagang pengumpul ke pedagang pengecer dan konsumen akhir) saluran 4 terdiri dari (peternak ke pedagang pengumpul ke pedagang pengecer 1 lalu ke pedagang pengecer 2 dan konsumen akhir). Sistem yang berada pada saluran 2,3 dan 4 merupakan saluran secara tidak langsung. Total margin yang paling besar didapatkan oleh saluran 4 sebesar Rp 4.000 per kg dan total margin yang paling kecil terdapat pada saluran 1 sebesar Rp 0 per kg. Jumlah keuntungan terbanyak yaitu pada saluran 1 dengan sebesar Rp 3.280 per kg, dari keempat saluran pemasaran yang berada di peternakan UD. Supermama Farm untuk tingkat efisiensinya bisa dinyatakan sudah efisien dikarenakan persentase semua saluran berada di bawah 33%. Berdasarkan pengamatan di UD.Supermama farm Banyuwangi sebaiknya para pedagang membeli telur ayam langsung ke peternak sehingga rantai pemasaran tidak terlalu panjang dan keuntungan yang diperoleh akan menjadi lebih besar

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHasanah, NiswatinNIDN0007099301
Uncontrolled Keywords: PEMASARAN,TELUR AYAM RAS, MARGIN PEMASARAN
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Teguh Haekal Akbar
Date Deposited: 26 Jul 2023 14:59
Last Modified: 26 Jul 2023 15:01
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26350

Actions (login required)

View Item View Item