Teknik Pengendalian Hama Dan Penyakit Budidaya Tanaman Kedelai Edamame Pada PT. Mitratani Dua Tujuh Di Desa Lengkong Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember

Azzahro, Hafidah Rachman (2023) Teknik Pengendalian Hama Dan Penyakit Budidaya Tanaman Kedelai Edamame Pada PT. Mitratani Dua Tujuh Di Desa Lengkong Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
1. Hafidah Rachman Azzahro D31201133 - Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (36kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Hafidah Rachman Azzahro D31201133 - Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (236kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. Hafidah Rachman Azzahro D31201133 - Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Hafidah Rachman Azzahro D31201133 - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (37kB)

Abstract

PT Mitratani Dua Tujuh merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang agroindustri sayuran beku dengan komoditas utama kedelai Jepang atau edamame. Kedelai edamame yang dihasilkan oleh PT. Mitratani Dua Tujuh Kabupaten Jember memiliki keunggulan dari segi rasa dan kesegaran produknya sehingga diminati di pasar internasional seperti Jepang, Amerika Serikat hingga Thailand. Perusahaan ini selalu memperhatikan kualitas dan kuantitas panen pada tanaman kedelai edamame. Kacang kedelai (Glycine max L.) merupakan tanaman pangan yang dapat diolah dalam berbagai olahan makanan di mana Negara Indonesia memiliki banyak varietas atau jenis tanaman kedelai baik varietas lokal maupun impor. Rangkaian kegiatan yang dilakukan selama praktik di PT. Mitratani Dua Tujuh Kabupaten Jember yaitu Proses budidayaa tanaman edamame meliputi desain lahan, pembersihan lahan, pembuata got, pembuatan bedengan dan pengukuran bedengan, pemasangan yellow trap, kebutuhan benih, penanaman, pemasangan mulsa, pembukaan mulsa, pengairan, pemupukan, tutup blok, perhitungan populasi, sanitasi got dan bedengan, penyiangan, pemeliharaan hama penyakit, penyulaman, dan panen. Adapun proses tahapan pengolahan hasil tanaman edamame meliputi, raw material (penerimaan bahan baku), screaning, washing, grading, soaking, chiller, blanching, colling, vibrating, IQF (Individual Quick Freezing), cold storage, final sortasi, pengemasan, stuffing (pengiriman). Hama yang menyerang tanaman edamame dalam periode tanam bulan maret-juni yaitu Kutu Kebul (bemisia), Ulat Grayak (Spodoptera Litura F.), Ulat jengkal, Kepik Hijau (Nezara Viridula L.), dan Thrips. Penyakit yang menyerang tanaman edamame antara lain Patogen Aspergillus Flavus, Bercak Target (Target spot), Bercak Coklat (Brown Spot), dan Pythium sp. Teknik pengendalian hama dan penyakit yang diterapkan PT. Mitratani Dua Tujuh yaitu menggunakan 3 teknik yaitu secara penyemprotan, pengendalian secara mekanik dan fisik.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAnrosana, Ida AdhaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Teknik Pengendalian, Tanaman Kedelai Edamame, Hama dan Penyakit
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Hafidah Rachman Azzahro
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:24
Last Modified: 27 Jul 2023 03:26
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26285

Actions (login required)

View Item View Item