PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG AYAM YANG DIPERKAYA Trichoderma Sp. PADA BUDIDAYA TANAMAN TERUNG (Solanum melongena L.)

Akbar, Faisol (2023) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG AYAM YANG DIPERKAYA Trichoderma Sp. PADA BUDIDAYA TANAMAN TERUNG (Solanum melongena L.). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
1. Faisol Akbar - Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Faisol Akbar - Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (194kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. Faisol Akbar - Full text.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Faisol Akbar - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (314kB)

Abstract

Respon Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Terung (Solanum melongena L) terhadap Pemberian Pupuk Kandang Ayam yang di Perkaya Trichodermasp. Faisol Akbar, NIM A31201968, Tahun 2023, Produksi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Dr. Ir Edi Siswadi. M.P. (Pembimbing). Tanaman terung (Solanum melongena L.) merupakan salah satu sayuran pribumi, buah terung hampir selalu ditemukan di pasar tani atau pasar tradisional dengan harga yang relatif murah. Terung memiliki potensi besar untuk dikembangkan karena kebutuhan pasar yang tinggi. Produksi terung nasional tiap tahun cenderung meningkat namun produksi tanaman terung di Indonesia masing rendah. Untuk meningkatkan produksi tanaman terung diperlukan penggunaan agen hayati. Agen hayati yang biasa digunakan adalahan dari golongan fungsi. Truchoderma sp. Yaitu dapat meningkatkan produktivitas dan menekan tumbuhnya pathogen yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman terung. Tujuan proyek usaha mandiri ini adalah mengetahui pengaruh pemberian pupuk Kandang Ayam yang di perkaya Trichoderma sp terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman Terung serta untuk mengetahui analisis usaha tani pada produksi tanaman terung. Proyek Usaha Mandiri ini dilaksanakan pada bulan Juni hingga bulan September 2022 di lahan Politeknik Negeri Jember, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Hasil aplikasi pupuk kandang ayam yang di perkaya Trichoderma sp. Berpengaruh sangat nyata pada parameter tinggi tanaman pada 30 HST dan 45 HST dan juga berpengaruh sangat nyata pada parameter jublah daun pada 15 HST, 30 HST dan 45 HST, dikarenakan kandungan unsurhara yang lengkap. Budidaya terung hijau dengan pengaplikasian pupuk kandang ayam yang di perkaya Trichoderma sp dengan nilai ratio yang didapatkan adalah 1,26 yang artinya usaha ini layak diusahakan karena nilai R/C ratio > 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSiswadi, EdiNIDN0024086302
Uncontrolled Keywords: Terung, Pupuk Kandang Ayam, Trichoderma sp.
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > Tugas Akhir
Depositing User: Faisol Akbar
Date Deposited: 26 Jul 2023 14:10
Last Modified: 26 Jul 2023 14:12
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26265

Actions (login required)

View Item View Item