RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG (Solanum melongena L.) TERHADAP PEMBERIAN PUPUK KANDANG SAPI YANG DIPERKAYA Trichoderma sp

Holil, Muhammad (2023) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG (Solanum melongena L.) TERHADAP PEMBERIAN PUPUK KANDANG SAPI YANG DIPERKAYA Trichoderma sp. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
1. Muhammad Holil - Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (46kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Muhammad Holil - Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (51kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. Muhammad Holil - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Muhammad Holil - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (112kB)

Abstract

Respon Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Terung (Solanum melongena L) terhadap Pemberian Pupuk Kandang Sapi yang di Perkaya Trichoderma sp. Muhammad Holil, NIM A31201493, Tahun 2023, 27 hlm, Produksi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Ir. M. Zayin Sukri, MP . (Pembimbing). Tanaman terung (Solanum melongena L.) merupakan salah satu sayuran pribumi, buah terung hampir selalu ditemukan di pasar tani atau pasar tradisional dengan harga yang relatif murah. Terung memiliki potensi besar untuk dikembangkan karena kebutuhan pasar yang tinggi. Produksi terung nasional tiap tahun cenderung meningkat namun produksi tanaman terung di Indonesia masing rendah. Untuk meningkatkan produksi tanaman terung diperlukan penggunaan agen hayati. Agen hayati yang biasa digunakan adalahan dari golongan fungsi. Truchoderma sp. Yaitu dapat meningkatkan produktivitas dan menekan tumbuhnyapathogen yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman terung. Tujuan proyek usaha mandiri ini adalah mengetahui pengaruh pemberian pupuk Kandang Sapi yang di perkaya Trichoderma sp terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman Terung serta untuk mengetahui analisis usaha tani pada produksi tanaman terung. Proyek Usaha Mandiri ini dilaksanakan pada bulan Juni hingga bulan September 2022 di lahan Politeknik Negeri Jember, KecamatanSumbersari, Kabupaten Jember. Hasil aplikasi pupuk kandang sapi yang di perkaya Trichoderma sp. Berpengaruh sangat nyata pada parameter tinggi tanaman pada 30 HST dan 45 HSTdan juga berpengaruh sangat nyata pada parameter jublah daun pada 15 HST, 30 HST dan 45 HST, dikarenakan kandungan unsurhara yang lengkap. Budidaya terung hijau dengan pengaplikasian pupuk kandang sapi yang di perkaya Trichoderma sp dengan nilai ratio yang didapatkan adalah 1,26 yang artinya usahaini layak diusahakan karena nilai R/C ratio > 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSukri, Muh. ZayinNIDN0012016304
Uncontrolled Keywords: Terung, Pupuk Kandang Sapi, Trichoderma sp.
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 151 - Ilmu Tanah
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 153 - Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Holil
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:43
Last Modified: 27 Jul 2023 08:45
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26243

Actions (login required)

View Item View Item