Teknik Pengendalian Hama Terpadu pada Tanaman Edamame Glycin max (L.) Merrill Dengan Menggunakan Metode Yellow Trap Dilahan PT. Gading Mas Indonesia Teguh

Fikih, Slamet Yohanas (2023) Teknik Pengendalian Hama Terpadu pada Tanaman Edamame Glycin max (L.) Merrill Dengan Menggunakan Metode Yellow Trap Dilahan PT. Gading Mas Indonesia Teguh. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (299kB)
[img] Text (Bab 1 Pendhuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (307kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (465kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full texk.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Praktek Kerja Lapang (PKL) adalah salah satu bentuk kerja lapang atau kegitan yang dilakukan ditempat kerja langsung. Secara sistematis, terarah dan supervisi yang kompeten. Ditingkat mahasiswa, PKL merupakan implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di kampus dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja, secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu. Kegiatan PKL dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pengalaman pada mahasiswa dengan cara bekerja secara langsung, sistematik, dan terarah dengan supervisi yang kompeten. Selain itu, diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengembangkan keterampilan dan keahlian pada diri mahasiswa. Kegiatan PKL terebut dilakukan di PT. Gading Mas Indonesia Teguh (PT. GMIT). PT. GMIT merupakan perusahaan yang bergerak dibidang budidaya kedelai edamame. Pelaksanaan PKL dimulai pada 01 Maret – 19 Juli 2023. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKL ini meliputi praktek lapang, wawancara, dan studi pustaka. Berdasarkan kegiatan PKL yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa hama menjadi salah satu masalah bagi budidaya tanaman edamame di PT. GMIT. Hama ini menyebakan kerugian pada saat proses budidaya tanaman edamame karena menyebabkan kerusakan tanaman dan penurunan produksi. Hama pada tanaman edamame menyerang dari fase kecabah hingga fase generatif. Bermacam macam sengan hama yang ada pada tanaman edamame namun dalam pengendalian dengan perangkap yellow trip hama yang dapat terperangkap terutama pada hama kutu-kutuan. Serangan hama tersebut yaitu pada daun, batang, dan polong dengan cara menghisap kemudian mengalami penurunan produksi. PT. GMIT ini dalam pengendaliannya yatu dengan cara pengendalian secara kimia, biologis dan mekanik atau fisik. Penerapan pengendalian hama terpadu ialah dengan pengendalian fisk dengan menerapkan perangkap hama kuni atau di sebut yellow trip.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorUtami, Christa DyahNIDN17028905
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 153 - Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Slamet Yohanas Fikih
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:53
Last Modified: 26 Jul 2023 08:56
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26192

Actions (login required)

View Item View Item