Budidaya Tanaman Selada (Lactuca sativa L.) Dengan Sistem Hidroponik NFT (Nutrient Film Technique) Di Greenhouse Rejofarm Hidroponik Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur

Habibullah, M. Haqil (2023) Budidaya Tanaman Selada (Lactuca sativa L.) Dengan Sistem Hidroponik NFT (Nutrient Film Technique) Di Greenhouse Rejofarm Hidroponik Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (103kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (22kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)

Abstract

Praktik Kerja Lapang (PKL) memberi banyak dampak positif bagi masa depan mahasiswa, dengan adanya PKL akan semakin membantu mengasah keahlian dan kemampuan mahasiswa pada bidangnya. Sehingga mahasiswa mampu mengkolaborasikan antara teori yang didapat selama kuliah dengan pengalaman melalui Praktik Kerja Lapang (PKL). Selada (Lactuca sativa L.) merupakan tanaman hortikultura yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi serta prospek yang baik untuk di kembangkan (Yulianti 2011). Selada termasuk tanaman semusim yang mudah diusahakan di berbagai tipe lahan dan memiliki pasar yang luas. Hal ini membuat permintaan selada sejalan dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan daya beli masyarakat (Duaja et al. 2012). Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas selada yaitu dengan sistem budidaya hidroponik Nutrient Film Technique (NFT). Produktivitas dan kualitas tanaman hidroponik umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan hasil konvensional, sehingga banyak diterapkan pada budidaya sayuran daun. Salah satu sistem budidaya hidroponik yang banyak digunakan adalah Nutrient Film Technique (NFT) (Siswandi dan Sarwono 2013). Hasil dari Praktik Kerja Lapang yang telah dilakukan diantaranya dapat memahami dan mengetahui teknik budidaya tanaman selada dengan sistem hidroponik NFT di Rejofarm Hidroponik yang terdiri dari beberapa tahap meliputi, pemeraman dan penyemaian benih, perawatan persemaian, pindah tanam, pembuatan larutan nutrisi AB mix, panen, pasca panen dan pemasaran langsung ke konsumen. Budidaya tanaman selada dengan sistem hidroponik NFT di Rejofarm Hidroponik sangat layak untuk dibudidayakan. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis usaha tani budidaya selada hidroponik yang menunjukkan R/C ratio sebesar 3,0 dan B/C ratio sebesar 2,0.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSiswadi, EdiNIDN0024086302
Uncontrolled Keywords: selada, hidroponik NFT, Rejofarm Hidroponik
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > PKL
Depositing User: M. Haqil Habibullah
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:49
Last Modified: 26 Jul 2023 08:51
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26191

Actions (login required)

View Item View Item