Pelepasan Agensia Pengendali Hayati Pada Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L.) Di PT. Perkebunan Nusantara XII Unit Kebun Kalitelepak Banyuwangi

Sholiha, Wilda Imro’atus (2023) Pelepasan Agensia Pengendali Hayati Pada Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L.) Di PT. Perkebunan Nusantara XII Unit Kebun Kalitelepak Banyuwangi. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
1. Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (503kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. BAB 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (391kB)

Abstract

Pelaksanaan Magang dilaksanakan di PT. Perkebunan Nusantara XII Unit Kebun Kalitelepak, Banyuwangi yang merupakan salah satu perusahaan perkebunan tanaman tebu. Magang dilaksanakan mulai tanggal 01 Maret 2023 sampai dengan 08 Juli 2023. Tujuan dilaksanakan kegiatan magang ialah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa dalam kegiatan budidaya tanaman tebu di lapangan yang dilaksanakan di Perusahaan/ Industri/ Instansi/ Lembaga tempat magang. Selain itu mahasiswa mengembangkan metode antara teoritis dan berpikir kritis yang didapatkan di perkuliahan dengan keadaan sesungguhnya di lapang. Selain itu juga mahasiswa diharapkan dapat melatih keterampilan baik di bidang softskil maupun hardskil untuk siap terjun dalam dunia kerja dan mampu menjadi lulusan Sarjana Terapan (S.Tr) yang memiliki keterampilan dan keahlian mengenai budidaya dan pengolahan tanaman tebu. Kegiatan budidaya tebu yang disebutkan meliputi; kegiatan persiapan lahan tanam, persiapan bahan tanaman, penanaman tebu, pemeliharaan, pemungutan, dan penanganan hasil panen. Gula merupakan salah satu bahan baku indutri pangan yang penting bagi kehidupan sehari hari baik dalam skala rumah tangga maupun industri. Maka dari itu sektor perkebunan tebu memiliki peranan penting bagi perekonomian Indonesia, terutama dalam pembukaan lapangan pekerjaan dan sumber devisa negara. Dalam meningkatkan produksi tebu di Indonesia maka perlu dilakukan beberapa upaya agar memberikan hasil produksi dengan kualitas dan kuantitas yang tinggi. Maka dari itu dilakukan pemeliharaan secara intensif salah satunya satunya dengan pengaplikasian parasitoid telur Trichogramma spp.. Pengendalian hayati merupakan komponen penting bagi pengendalian hama penggerek pada tebu. Trichogramma spp. merupakan salah satu parasitod telur yang biasa dimanfaatkan sebagai agensia pengendali hayati bagi hama penggerek batang maupun pucuk pada tebu. Trichogramma spp. memiliki keunggulan karena siklus hidupnya yang cepat dan terus berulang, sehingga berguna untuk pengendalian hama berkelanjutan. Sifatnya yang polifag dan memarasit langsung pada stadia awal hama juga merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki Trichogramma spp. yang berguna meningkatkan produksi tebu.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRahmawati, RahmawatiNIDN0031087607
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Budidaya Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Wilda Imro'atus Sholiha
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:04
Last Modified: 26 Jul 2023 08:05
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26154

Actions (login required)

View Item View Item