Analisis Usaha Tani Selada Keriting Hijau (Lactuca sativa Var. Kriebo.) Secara Organik Menggunakan Screen House Di Hortimart Agro Center Kabupaten Semarang

Wardani, Windy Ayu Wardani (2023) Analisis Usaha Tani Selada Keriting Hijau (Lactuca sativa Var. Kriebo.) Secara Organik Menggunakan Screen House Di Hortimart Agro Center Kabupaten Semarang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
02. Windy Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (84kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
03. Windy BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (105kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
04. Windy Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
05. Windy Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (90kB)

Abstract

Selada keriting hijau (Lactuca sativa Var. Kriebo) merupakan tanaman sayuran dengan bentuk daun bergelombang yang dikonsumsi masyarakat dalam keadaan segar. Selada dapat dijadikan penghias sajian dan mempercantik makanan karena warna, tekstur, dan aroma daunya yang khas. Kebutuhan selada di pasaran akan terus meningkat sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk. Teknologi screen house merupakan teknologi yang berbentuk seperti rumah yang berguna untuk melindungi tanaman dari serangan hama (Sarwono, 2002). Penggunaan screen house pada budidaya tanaman mampu mengurangi serangan OPT dan penggunaan pestisida. Hal ini menjadikan hasil panen tanaman akan lebih tinggi dibandingakan dengan budidaya di lahan terbuka Tujuan Praktek Kerja Lapang (PKL) adalah mampu melakukan budidaya tanaman semusim khususnya budidaya sayur selada keriting hijau, memperoleh keterampilan dalam melakukan budidaya tanaman secara menggunakan screenhouse, memahami masalah yang terjadi dalam tahapan budidaya sayur selada keriting hijau menggunakan screenhouse, dapat memahami analisa usaha tani yang sesungguhnya mengenai budidaya sayur selada keriting hijau di Hortimart Agro Center Kabupaten Semarang. Pelaksanaan PKL bertempat di Jalan Gatot Subroto 55 Bawen, Kota Semarang, Jawa Tengah. Kegiatan PKL dilaksanakan mulai tanggal 1 Maret 2023 – 28 Juni 2023 pada pukul 06.00 – 12.00 WIB, yang dilaksanakan mulai hari senin – sabtu. Hortimart Agro Center merupakan kebun buah dan sayur yang dijadikan sebagai percontohan Agro khususnya bagi masyarakat petani. melalui yayasan Obor Tani dan para pekerja Hortimart Agro Center mulailah menyongsong mimpi baru menjadi Pusat Percontohan Agro Terbaik di Indonesia. Membangun semangat mencintai Produk Buah Lokal Indonesia dengan cara memproduksi buah dan sayuran berkualitas. Hasil Analisa usaha tani budidaya selada keriting hijau menggunakan Screen House diperoleh produksi sebesar 339,4 kg dengan luas 800 m2 dengan total biaya Rp. 8.288.251,- dan harga jual Rp.28.000,-/kg. Pendapatan yang diperoleh sebesar Rp. 1.214.949, dengan keuntungan sebesar Rp.9.505.200,-. Budidaya selada keriting hijau menggunakan Screen House layak untuk diusahakan karena menghasilkan nilai R/C ratio > 1.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKusparwanti, Tri RiniNIDN0019026203
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > PKL
Depositing User: Windy Ayu Wardani
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:27
Last Modified: 26 Jul 2023 07:28
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26143

Actions (login required)

View Item View Item