Kecukupan Nutrien Induk Domba Batur Periode Laktasi Dengan Pemberian Pakan Rumput Odot dan Kangkung Kering di CV. Dombat Kencana Farm, Batur, Jawa Tengah

Midedi, Afdal (2023) Kecukupan Nutrien Induk Domba Batur Periode Laktasi Dengan Pemberian Pakan Rumput Odot dan Kangkung Kering di CV. Dombat Kencana Farm, Batur, Jawa Tengah. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (75kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (178kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
C31200608_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB) | Request a copy

Abstract

Domba batur adalah salah satu ternak favorit dan plasma nutfah yang dipelihara oleh masyarakat batur banjarnegara jawa tengah, domba ini termasuk salah satu dari beberapa kekayaan genetik yang dimiliki indonesia. Domba batur memiliki karakteristik fisik seperti berikut memiliki bulu yang tebal, bulu menutupi seluruh tubuh hingga bagian kepala, tekstur bulu lembut dan pada umumnya berwarna putih, memiliki bobot badan duakalilipat dari domba lokal serta tidak memiliki tanduk pada jantan ataupun betina. Pakan merupakan faktor utama yang penting dalam mencapai produktivitas yang baik pada ternak, karena jika pakan tercukupi maka nutrien yang dibutuhkan ternak harapannya mampu menghasilkan produktivitas yang baik. Ternak dengan kondisi sedang laktasi atau menyusui sudah pasti membutuhkan pakan yang baik dengan asupan nutrien yang cukup untuk hidup pokok dan untuk memproduksi susu. Tujuan dilakukannya pengamatan ini adalah untuk mengetahui kecukupan nutrien dengan pemberian jenis hijauan pakan dan pakan kangkung kering yang diberikan pada induk domba batur pada periode laktasi di CV. Dombat Kencana Farm Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Pengamatan dilakukan selama 29 hari dengan melibatkan 17 ekor induk domba batur dengan umur 1,5-3 tahun pada periode laktasi. Dengan parameter pengamatan meliputi kandungan nutrisi pakan, konsumsi pakan, dan pertambahan bobot badan harian (PBBH). Data yang diperoleh kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk tabel dan dijabarkan secara deskriptif. Berdasarkan hasil pengamatan induk domba batur laktasi di CV. Dombat Kencana Farm diketahui secara umum jumlah kebutuhan nutrien yang direkomendasikan sebesar BK 2,086 kg, PK 0,303, TDN 1,360 kg. dan induk domba batur mampu mengkonsumsi BK 1,459 kg, PK 0,182, TDN 0,973 kg. dan memiliki pertambahan bobot badan harian selama 29 hari dengan rata – rata bobot -0,022 kg. Berdasarkan dari hal tersebut maka dapat disimpulkan dengan pemberian pakan rumput odot dan kangkung kering secara umum jumlah konsumsi nutrien dengan kebutuhan nutrien yang direkomendasikan masih belum tercukupi sebesar BK -0,627 kg, PK -0,121 kg, dan TDN -0,387 kg. Selanjutnya disarankan untuk pemeliharaan induk domba batur laktasi dapat mencukupi kebutuhan nutriennya dengan penambahan pakan penguat sebesar BK 0,627 kg, PK 0,121 kg, dan TDN 0,387 kg.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKustiawan, ErfanNIDN0009097601
Uncontrolled Keywords: Nutrien, Domba batur, Laktasi, CV. Dombat Kencana Farm
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 211 - Ilmu Peternakan
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Afdal Midedi
Date Deposited: 26 Jul 2023 12:30
Last Modified: 26 Jul 2023 12:31
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26134

Actions (login required)

View Item View Item