Pemberian Pupuk Starter Pasca Tanam Pada Tembakau Bawah Naungan (TBN) Di PT. Perkebunan Nusantara X Kebun Tembakau Jember

Diyan, Amelita Inggit Ayu (2023) Pemberian Pupuk Starter Pasca Tanam Pada Tembakau Bawah Naungan (TBN) Di PT. Perkebunan Nusantara X Kebun Tembakau Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (71kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (36kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (28kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31201905-LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy

Abstract

Dari segala jenis tanaman musiman dalam perkebunan yang strategis untuk ditanam adalah tembakau. Di Indonesia jenis tembakau ditanam menyesuaikan dengan keadaan daerahnya agar menghasilkan kualitas tembakau yang bagus. Tembakau di Indonesia terdapat dua jenis yaitu tembakau Voor�Oogst yang merupakan jenis tembakau yang ditanam pada musim hujan dan dipanen pada musim kemarau sedangkan tembakau Na-Oogst ditanaman pada musim kemarau dan dipanen pada musim hujan. PT. Perkebunan Nusantara X Kebun Tembakau merupakan salah satu perusahaan perkebunan milik negara yang bergerak dibidang pertembakauan. Tembakau yang dihasilkan merupakan tembau cerutu yang dipasarkan secara ekspor keluar negeri. Jenis tembakau yang dibudidayakan yaitu Tembakau Bawah Naungan (TBN) dan tembakau Na-Oogst (NO). tembakau bawah naungan merupakan bentyk rekayasa teknologi pada tanaman tembakau sehingga dapat menghasilkan produktivitas yang optimal dengan daun tembakau yang tipis, elastis dan memiliki cita rasa daun yang khas serta menggunakan pelindung waring. PT. Perkebunan Nusantara X Kebun Tembakau meiliki peran penting dalam menghasilkan kualitas dau tembakau yang baik dan memiliki nilai jual yang tinggi. Proses pemupukan yang dilakukan pada H+3 hingga H+5 penanaman adalah Pemupukan Starter. Pupuk yang digunakan pada fase pemupukan ini adalah Pupuk ZA. Tujuan dari pemberian Pupuk ZA adalah tidak hanya untuk membantu memperbaiki warna, aroma, juga kelenturan dari daun tembakau, namun juga untuk meningkatkan jumlah Nitrogen, karena tanaman tembakau membutuhkan kandungan Nitrogen yang tinggi pada masa awal pertumbuhan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorLestari, DatikNIDN001089108
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Amelita Inggit Ayu Diyan
Date Deposited: 26 Jul 2023 05:04
Last Modified: 26 Jul 2023 05:05
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26091

Actions (login required)

View Item View Item