Strategi Peningkatan Produksi dan Pendapatan Usaha Tani Cabai Merah dengan Penggunaan Pupuk Guano sebagai Pupuk Dasar (Capsicum annuum L.)

Putra, Oscar Hemmanda Perwira (2023) Strategi Peningkatan Produksi dan Pendapatan Usaha Tani Cabai Merah dengan Penggunaan Pupuk Guano sebagai Pupuk Dasar (Capsicum annuum L.). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Oscar Hemmanda - Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (12kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Oscar Hemmanda - Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (15kB)
[img] Text (Full Text)
Oscar Hemmanda - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Oscar Hemmanda - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (83kB)

Abstract

Berdasarkan data Kementerian Pertanian Republik Indonesia, total produksi cabai sejak tahun 2016 sampai dengan 2019 mengalami fluktuasi. Pada tahun 2016 total produksi tanaman cabai sebesar 1,96 juta ton dan meningkat di tahun 2017 menjadi 2,35 juta ton dan mengalami penurunan pada tahun. Saat ini dalam dunia pertanian tidak lepas dengan penggunaan bahan kimia, baik untuk pemupukan, pemacu pertumbuhan, maupun pengendalian hama, penyakit, dan gulma. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan pupuk organik, yakni guano. Tujuan proyek usaha mandiri (PUM) ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kalium terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman cabai merah besar (Capsicum annuum L.), serta untuk mengetahui kelayakan usaha tani cabai merah besar dengan pemberian pupuk kalium. Proyek Usaha Mandiri (PUM) ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan bulan November 2021 di lahan Politeknik Negeri Jember. Hasil aplikasi pupuk guano sebagai pupuk dasar dengan dosis 2,5 kg per bedeng pada budidaya cabai merah besar berpengaruh sangat nyata pada parameter tinggi tanaman 4 mst, 5 mst, jumlah buah per sampel, dan berat buah per sampel. Berpengaruh nyata pada parameter tinggi tanaman umur 2 mst, 3 mst, dan berat buah per bedeng. Sedangkan pada parameter tinggi tanaman umur 1 mst berpengaruh tidak berbeda nyata. Berdasarkan hasil analisa usaha tani pada budidaya cabai merah besar dengan perlakuan pupuk guano sebagai pupuk dasar dinyatakan tidak layak untuk diusahakan karena nilai R/C Ratio < 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPertami, Rindha Rentina DarahNIDN0001058707
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > Tugas Akhir
Depositing User: Oscar Hemmanda Perwira Putra
Date Deposited: 26 Jul 2023 05:18
Last Modified: 26 Jul 2023 05:20
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26050

Actions (login required)

View Item View Item