PENGARUH KONSENTRASI IAA DAN BAP TERHADAP PERTUMBUHAN TUNAS ESKPLAN PISANG CAVENDISH (Musa acuminata L.) MELALUI KULTUR IN VITRO

Robbi, Maulana Nur Fadli (2023) PENGARUH KONSENTRASI IAA DAN BAP TERHADAP PERTUMBUHAN TUNAS ESKPLAN PISANG CAVENDISH (Musa acuminata L.) MELALUI KULTUR IN VITRO. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
1. Maulana Nur Fadli Robbi - Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (111kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Maulana Nur Fadli Robbi - Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (13kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. Maulana Nur Fadli Robbi - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Maulana Nur Fadli Robbi - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (140kB)

Abstract

RINGKASAN Pengaruh Konsentrasi IAA dan BAP terhadap Pertumbuhan Tunas Eskplan Pisang Cavendish (Musa Acuminata.L.) melalui Kultur Invitro, Maulana Nur Fadli Robbi, Nim A31201674, Tahun 2022, 29 hlm., Produksi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Hanif Fatur Rohman., SP., MP. (pembimbing) Pisang cavendish (Musa acuminata L.) merupakan salah satu jenis pisang yang banyak di ekspor, dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.varietas pisang cavendish grand naine merupakan varietas yang banyak dicari masyarakat indonesia maupun luar dikarenakan rasa dari varietas tersebut lebih lezat dari pada varietas cavendish lainya. Kendala utama dari produksi pisang adalah ketersediaan bibit tanaman. Minimnya tunas yang dihasilkan indukan setiap tahun perlu perkembangbiakan dengan metode kultur jaringan supaya dapat menghasilkan bibit dalam jumlah yang banyak tanpa memerlukan jumlah induk yang banyak dan waktu yang relatif singkat. Tunas yang dihasilkan akan lebih unggul serta bebas dari patogen dan hama Keberhasilan kultur in vitro sangat dipengaruhi oleh zat pengatur tumbuh (ZPT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian konsentrasi IAA dan BAP terhadap tanaman pisang elalui kultur. Kegiatan penelitian dilaksanakan pada bulan Juli – November 2022 di Laboratorium Kultur Jaringan Politeknik Negeri Jember. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). dengan 2 faktor dengan faktor perlakuan yaitu faktor IAA dengan 2 taraf yaitu I1 (4 ml), dan I2 (5 ml). Faktor BAP dengan 2 taraf yaitu B1 (8 ml) dan B2 (10 ml), terdapat 4 kombinasI antara lain I1B1, I1B2, I2B1, dan I2B2. dengan masing masing kombinasi di 5 kali. Hasil penelitian pada 12 MST setelah di uji F memberikan pengaruh berbeda tidak nyata pada parameter jumlah akar,tinggi tanaman dan jumlah daun,sedangkan untuk jumlah tunas memberikan pengaruh berbeda nyata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRohman, Hanif FaturNIDN0030119102
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > Tugas Akhir
Depositing User: Maulana Nur Fadli Robbi
Date Deposited: 27 Jul 2023 10:08
Last Modified: 27 Jul 2023 10:10
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26047

Actions (login required)

View Item View Item