Teknik Perbanyakan Tanaman Jambu Kristal (Psidium Guajava) Dengan Menggunakan Metode Cangkok Di P4s Bumiaji Sejahtera Kota Batu Provinsi Jawa Timur

Sismuhariya, Ndaru Ilham Teknik Perbanyakan Tanaman Jambu Kristal (Psidium Guajava) Dengan Menggunakan Metode Cangkok Di P4s Bumiaji Sejahtera Kota Batu Provinsi Jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN PKL.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN PKL.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (14kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA PKL.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (74kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
FULL TEXT PKL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB) | Request a copy

Abstract

P4S Bumiaji Sejahtera merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertanian dengan komoditas unggulan Jambu Kristal (Psidium guajava L.) dan tanaman sayuran Kale (Brassica oleraceae var. Achepala). Jambu kristal menjadi salah satu komoditas unggulan di P4S Bumiaji Sejahtera karena karakteristiknya yang memiliki sedikit biji dan rasanya yang cenderung manis sehingga lebih diminati oleh konsumen. Perbanyakan jambu kristal dapat dilakukan dengan menggunakan teknik pencangkokan. Pencangkokan merupakan suatu cara perbanyakan vegetatif tanaman dengan menumbuhkan akar pada bagian tanaman. Biasanya pencangkokan dilakukan dengan menggunakan cabang atau ranting yang tidak terlalu besar. Dengan menggunakan teknik mencakok bisa di dapat bibit dengan kualitas yang sama dengan induknya. Tujuan Praktik Kerja Lapang (PKL) adalah mampu melakukan teknik perbanyakan tanaman jambu kristal dengan metode cangkok di P4S Bumiaji Sejahtera, mahasiswa dapat menjelaskan permasalahan yang terjadi pada teknik perbanyakan tanaman jambu kristal dengan metode cangkok di P4S Bumiaji Sejahtera, mengetahui teknik mencangkok tanaman jambu kristal yang tepat. Beberapa kegiatan yang dilakukan mahasiswa dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapang (PKL) di P4S Bumiaji Sejahtera mulai dari penyiapan media tanam hingga panen dan pasca panen serta proses pengolahan Jambu Kristal, selain jambu kristal juga terdapat komoditas sayuran yaitu sayur kale dan komoditas buahsemusim yaitu tanaman melon devina yang ditanam decara hidroponik substrat didalam greenhouse dengan menggunakan pot media tanam cocopean dan sekampadi. Budidaya Jambu Kristal hampir sama dengan tanaman buah lainya. Budidaya Jambu Kristal tidak perlu lahan yang luas, karena bisa ditanam di area sekitar rumah dengan cara ditanam dipolybag maupun ditanaman dilahan konvensional dengan memanfaatkan sisa lahan yang ada disekitar rumah. Untuk bibit jambu ktistal bisa dibeli tempat pembibitan selain itu bibit jambu juga bisa didapat dengan mencangkok batang jambu kristal. Mencangkok merupakan perbanyakan tanaman yang akan menghasilkan tanaman baru dengan sifat yang sama seperti induknya serta jumlah tanaman yang lebih banyak dalam waktu singat. Namun, dalam pelaksanaannya membutuhkan waktu agak lama dan agak rumit. Pada umumnya mencangkok biasa dilakukan dengan cara melukai atau menyayat hingga bersih dan menghilangkan kambium pada cabang atau ranting sepanjang 5-10 cm pada tanaman dikotil. Selain cara diatas, ada teknik lain mencangkok yaitu dengan tanpa melukai batang. Mencangkok dilakukan dengan cara melilitkan kawat pada batang yang telah memiliki kriteria layak untuk cangkokan kemudian dibalut dengan media yang kering.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSiswadi, EdiNIDN0024086302
Uncontrolled Keywords: Teknik perbanyakan, Jambu kristal, cangkok, kota batu, Jatim
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > PKL
Depositing User: NDARU ILHAM SISMUHARIYA
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:20
Last Modified: 27 Jul 2023 02:21
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/26006

Actions (login required)

View Item View Item