Aplikasi pupuk (jp4o) minak jinggo sebagai salah satu solusi ramah lingkungan dalam budidaya padi organik di PT. Sirtanio organik indonesia

Viraneka, Rema (2023) Aplikasi pupuk (jp4o) minak jinggo sebagai salah satu solusi ramah lingkungan dalam budidaya padi organik di PT. Sirtanio organik indonesia. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (16kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (68kB)

Abstract

Pupuk organik padat JP4o Minakjinggo diproduksi oleh PT. Sirtanio Organik Indonesia dan digunakan sebagai pupuk dasar dalam budidaya tanaman padi organik. Pupuk ini terbuat dari kotoran hewan kambing yang telah diformulasikan dengan PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria). Beberapa keuntungan penggunaan pupuk organik JP4o Minakjinggo adalah tidak mengandung bahan kimia berbahaya, berpengaruh baik terhadap kualitas tanah dan tanaman dalam jangka panjang. Pupuk organik JP4o Minakjinggo mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tanaman. Berikut adalah kandungan hara dan nutrisi pada pupuk tersebut yaitu seperti C-Organik: 22,97%, C/N Ratio: 15,01%, N-total: 1,53%, P: 0,13%, K: 2,35%, Kadar air: 15,24% dan pH: 9,66. Kandungan hara dan nutrisi tersebut memiliki manfaat penting bagi pertumbuhan tanaman. C-organik membantu meningkatkan kualitas panen dengan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman dan mengurangi dampak negatif pada lingkungan. Nitrogen (N) berperan dalam pembentukan protein dan klorofil serta mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Fosfor (P) membantu meningkatkan kualitas buah dan biji tanaman serta meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan hama. Kalium (K) membantu dalam produksi klorofil dan fotosintesis, yang berkontribusi pada pertumbuhan dan hasil tanaman yang lebih baik. Penggunaan pupuk organik JP4o Minakjinggo dalam budidaya padi organik di PT. Sirtanio Organik Indonesia membantu mempertahankan produktivitas lahan dan meningkatkan kualitas tanah serta hasil panen. Pupuk organik ini juga merupakan solusi dalam menciptakan pertanian yang berkelanjutan untuk masa depan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDamanhuri, DamanhuriNIDN0008025906
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Rema Viraneka
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:14
Last Modified: 26 Jul 2023 01:15
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25931

Actions (login required)

View Item View Item