Manajemen Pemangkasan Tanaman Teh (Camellia sinensis (L.) O. Kuntze) secara Konvensional di Unit Kebun Teh Wonosari PT. Perkebunan Nusantara XII Malang

Salsabila, Hilda Mutiara (2023) Manajemen Pemangkasan Tanaman Teh (Camellia sinensis (L.) O. Kuntze) secara Konvensional di Unit Kebun Teh Wonosari PT. Perkebunan Nusantara XII Malang. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
1. Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
2. Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
HILDA MUTIARA SALSABILA_A43192206_BTP 2019_MAGANG UPLOAD SIPORA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Magang merupakan kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman kerja bagi mahasiswa mengenai kegiatan perusahaan atau industriserta sebagai sarana untuk mempelajari hubungan teori dan praktek kerja dalam suatu industri, serta mengembangkan keterampilan yang tidak diperoleh di dalam dunia perkuliahan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan magang adalah pembekalan, observasi lapang, pelaksanaan kerja dengan mengikuti aktivitas yang ada di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Wonosari, demonstrasi, wawancara, serta kajian pustaka. Kegiatan yang dilakukan selama magang adalah pemeliharaan TM teh, pemanenan, dan pengolahan hasil panen dan pascapanen hingga siap untuk dipasarkan. Kegiatan magang dilaksanakan selama 4 bulan dimulai pada tanggal 01 Maret hingga 01 Juli 2023. PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Wonosari sebagai salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang perkebunan dengan membudidayakan tanaman teh sebagai komoditas utama. Pelaksanaan kegiatan magang dilakukan di dua sub unit kerja yaitu di Afdeling Gebug Lor dan Pabrik Pengolahan CTC (Crushing, Tearing, Curling) teh. Pelaksanaan kegiatan ini meliputi manajemen pemeliharaan tanaman menghasilkan, manajemen pemanenan, serta manajemen pengolahan teh hitam. Salah satu manajemen pemeliharaan tanaman menghasilkan di Kebun Wonosari Afdeling Gebug Lor adalah peremajaan tanaman teh yang dilakukan melalui teknik pemangkasan tanaman. Pemangkasan tanaman teh dilakukan dengan tujuan untuk mengusahakan pertumbuhan tanaman teh tetap pada fase vegetatif dan mengutamakan agar bidang petik tetap rendah. Selain itu, dari segi ekomoni dapat merangsang pertumbuhan tunas baru, sehingga mampu menghasilkan pucuk tanaman teh yang banyak. Manajemen pemangkasan tanaman teh di Afdeling Gebug Lor dilakukan sesuai dengan tahun pangkas (TP) tanaman. Tahun pangkas yang dilakukan di Afdeling Gebug Lor adalah tanaman yang mencapai tiga tahun atau disebut TP 3. Oleh karena itu, dalam satu tahun dilakukan perencanaan blok atau nomor kebun yang akan dipangkas. Proses pemangkasan dilakukan diawali dengan pengujian kadar pati akar, pengukuran tinggi pangkasan sesuai dengan rotasi, dilakukan pemangkasan produksi dan beres cabang, serta pembersihan lumut. Bidang pemangkasan perlu diperhatikan agar tinggi tanaman dapat seragam dengan tanaman yang lain. Bentuk bidang pangkas sejajar dengan rata permukaan tanah. Pemangkasan dilakukan dengan metode konvensional yaitu, menggunakan sabit.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFatimah, TitienNIDN0001106103
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Budidaya Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Hilda Mutiara Salsabila
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:11
Last Modified: 27 Jul 2023 01:12
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25893

Actions (login required)

View Item View Item