Analisa Pengendalian Kualitas Okura Pada Proses Pembekuan Dengan Metode Individual Quick Freezing (IQF) Di Pt Mitratani Dua Tujuh

Qonitah, Cintya Anisatul (2022) Analisa Pengendalian Kualitas Okura Pada Proses Pembekuan Dengan Metode Individual Quick Freezing (IQF) Di Pt Mitratani Dua Tujuh. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (154kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)

Abstract

PT Mitratani Dua Tujuh merupakan industri yang bergerak di bidang produksi sayuran beku, salah satu produk yang dihasilkan adalah okura. Okura merupakan tanaman yang sapat dikonsumsi hingga biji di dalamnya dan berbentuk mirip seperti cabai. Sayur ini sangat lunak dan berlendir. Okura mengandung serat yang dapat menstabilkan gula darah dan cocok bagi penderita diabetes serta dapat memperbaiki saluran pencernaan. Kandungan pecitien pada okura mampu menurunkan kadar kolesterol darah sampi 10% (baik untuk penderita jantung). Okura juga kaya akan vitamin A dan C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat okura lainnya juga menambah vitalitas dan stamina, bernutrisi tinggi dan kaya protein, serta dapat memperlancar pembuangan toxin. Banyaknya manfaat yang terkandung pada okura menyebabkan produk ini sangat digemari di luar negeri sehingga meningkatkan jumah permintaan ekspor diberbagai negara khususnya Jepang. Dengan meningkatnya permintaan ekspor tentunya perusahaan harus bekerja keras untuk memenuhi permintaan tersebut, sehingga pengendalian kualitas produksi sangat diperlukan agar produk yang dihasilkan sesuai dengan permintaan pasar. Bentuk pengendalian kualitas pada proses pembekuan dengan metode Individual Quick Freezing (IQF) adalah swab peralatan, analisa cemaran mikroba pada produk yang telah melalui tahap pembekuan, swab residu allergen dan sortasi akhir serta penggunaan mesin metal detector.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBachri, SaifulNIDN0025096905
Uncontrolled Keywords: Analisa Pengendalian Kualitas Okura, Okura, Proses Pembekuan Dengan Metode Individual Quick Freezing (IQF)
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > PKL
Depositing User: Cintya Anisatul Qonitah
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:12
Last Modified: 27 Jul 2023 02:12
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25881

Actions (login required)

View Item View Item