Proses Chemical Cleaning Pada Evaporator dengan Penambahan Soda Caustic di PT Sinergi Gula Nusantara Pabrik Gula Glenmore

Kurniawati, Meylina Eka (2022) Proses Chemical Cleaning Pada Evaporator dengan Penambahan Soda Caustic di PT Sinergi Gula Nusantara Pabrik Gula Glenmore. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Meylina_PKL Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (210kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab1 PKL.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (231kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dapus PKL.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (304kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
PKL Lengkap Meylina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan Magang dilaksanakan di PT Sinergi Gula Nusantara – Jawa Timur. Tujuan pelaksanaan Magang ini adalah untuk mengetahui sistem kerja di perusahaan, mengetahui keadaan umum dari perusahaan, mengetahui sistem dan cara produksi nira tebu sehingga menjadi gula kristal putih, serta mengetahui setiap proses pengolahan nira tebu yang dimulai dari proses penerimaan tebu sampai proses pengemasan gula kristal putih. PT Sinergi Gula Nusantara merupakan pabrik memperoduksi gula kristal putih serta menghasilkan produk sampingan seperti tetes dan blotong. Salah satu produk unggulan di pabrik ini adalah gula kristal putih yang diproses langsung di pabrik tersebut yang telah mengalami beberapa proses sebelum menjadi produk gula kristal putih. Dimana proses pembuatan gula kristal putih memiliki beberapa tahapan proses meliputi penimbangan tebu, pemerahan nira, pemurnian, penguapan, kristalisasi, karbonatasi, pemutaran dan pengemasan Pada proses penguapan nira dengan menggunakan alat evaporator perlu dilakukan proses chemical cleaning / pembersihan pada alat evaporator sebelum alat digunakan. Pembersihan dilakukan ± 2 - 3 kali/bulan pada setiap evaporator. Evaporator yang digunakan sebanyak 6 evaporator dan dilakukan pembersihan secara bergantian tujuan nya agar tidak menghambat proses penguapan pada nira yang disebabkan oleh kerak. Tahapan proses chemical cleaning pada evaporator antara lain dilakukan penambahan soda, pemanasan, pendinginan, proses skrap pada kerak, hydro test, pengontrolan oleh quality control.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHandayani, Anna MardianaNIDN0413118801
Uncontrolled Keywords: Chemical Cleaning Evaporator
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > PKL
Depositing User: Meylina Eka Kurniawati
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:10
Last Modified: 27 Jul 2023 01:11
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25869

Actions (login required)

View Item View Item