Prospek Usaha Produksi Sabun Batang Natural Dengan Bahan Baku Bunga Mawar (Rosa Hibryda) Di Upt Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan Dan Hortikultura (Upt Patph) Desa Lebo Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo

Hanifaningtyas, Diana Kusuma (2023) Prospek Usaha Produksi Sabun Batang Natural Dengan Bahan Baku Bunga Mawar (Rosa Hibryda) Di Upt Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan Dan Hortikultura (Upt Patph) Desa Lebo Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
01. D41190410 DIANA KUSUMA H - RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (168kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
02. D41190410 DIANA KUSUMA H - BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (188kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
03. D41190410 DIANA KUSUMA H - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (154kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
04. D41190410 DIANA KUSUMA H - FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sejalan tuntunan peningkatan kompetensi sumber daya manusia yang handal, maka Politeknik Negeri Jember dituntut untuk merealisasikan pendidikan akademik yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan industri. Salah satu pendidikan akademik yang dimaksud adalah Magang. Kegitan ini merupakan prasyarat mutlak kelulusan yang diikuti oleh mahasiswa Politeknik Negeri Jemberyang dipersiapkan untuk mendapatkan pengalaman dan keterampilan di masyarakat dan dunia industry sesuai bidang keahliannya. Selama magang mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu- ilmu yang diperoleh diperkuliahan untuk menyelesaikan serangkaian tugas sesuai lokasi magang . UPT PATPH merupakan sebuah unit pengembangan agribisnis berfokus pada pengembangan tanaman pangan dan holtikultura dataran rendah yang berada dibawah Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur. UPT PATPH Puspa Lebo membudidayakan bermacam – macam produk hortikultura baik sayur maupun buah. Salah satu produk unggulan dari UPT PATPH adalah Melon Golden Langkawi Bulat dan Melon Golden Langkawi Kotak. Banyaknya permintaan konsumen akan produk hortikurtura terutama melon modern dan semakin sadarnya konsumen akan keamanan pangan membuat UPT PATPH menetapkan standarstandar khusus dalam budidaya terutama budidaya melon agar sesuai dengan apa yang diminta oleh konsumen. Budidaya pada UPT PATPH selain budidaya melon terdapat budidaya bunga mawar. Bunga mawar pada UPT PATPH diolah menjadi beberapa produk seperti teh mawar, marsh mallow mawar, nougat mawar, selai mawar, sirup mawar, keripik vii mawar, dan puding mawar. Bunga mawar juga digunakan untuk kebutuhan penelitian, salah satunya dalam pembuatan diversifikasi produk, mahasiswa yang melakukan kegiatan magang di UPT PATPH diminta untuk membuat diversifikasi produk di kegiatan akhir magang dalam rangka pengembangan produk UPT PATPH, sehingga timbul ide inovasi pengolahan bunga mawar menjadi produk Sabun Batang Natural Bunga Mawar. (Jurusan Manajemen Agribisnis, Program Studi D-IV Manajemen Agroindustri, Politeknik Negeri Jember)

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAmbarkahi, Ratih Puspitorini YektiNIDN0005077601
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: DIANA KUSUMA HANIFANINGTYAS
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:00
Last Modified: 02 Aug 2023 01:01
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25858

Actions (login required)

View Item View Item