Proses Penanganan Pasca Panen Beras Organik Di Gapoktan Al-Barokah Desa Lombok Kulon Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso

Anggraeni, Puput (2023) Proses Penanganan Pasca Panen Beras Organik Di Gapoktan Al-Barokah Desa Lombok Kulon Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
1. Puput Anggraeni D31200786 - Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Puput Anggraeni D31200786 - Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (109kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. Puput Anggraeni D31200786 - Full Test.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Puput Anggraeni D31200786 - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)

Abstract

Salah satu perguruan tinggi yang memiliki sistem pendidikan yang berbasis pada peningkatan keterampilan sumber daya manusia yaitu Politeknik Negeri Jember. Perguruan tinggi vokasi ini memiliki 8 jurusan, program studi D-III sebanyak 9 dan D-IV sebanyak 12. Salah satunya yaitu program studi D-III Manajemen Agribisnis. Usaha Politeknik Negeri Jember mendukung sistem pendidikan yang berbasis pada peningkatan keterampilan sumber daya manusia yaitu dengan adanya kegiatan Praktek Kerja Lapang. Selain itu, hal tersebut merupakan salah satu syarat kelulusan, kegiatan PKL ini dilaksanakan di Gapoktan Al-Barokah. Tujuan umum kegiatan Praktek Kerja Lapang yaitu meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan manajerial tentang teknik budidaya padi organik. Mampu menganalisis usaha tani padi organik, mampu memahami sikap, perilaku dan merasakan situasi kerja yang sebenarnya. Meningkatkan wawasan dan mampu berfikir kritis dalam mencari solusi untuk memecahkan masalah. Adapun tujuan khusus dari kegiatan praktek kerja lapang yaitu meningkatkan keterampilan dalam pengelolaan pasca panen padi organik. Kegiatan Praktek Kerja Lapang dilaksanakan selama 600 jam dalam capaian 20 sks, dimulai pada bulan Maret hingga Juni 2023. Lokasi Praktek Kerja Lapang berada di Jalan Murtawi No 33, Desa Lombok Kulon, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Beberapa kegiatan yang dilakukan dimulai dengan pengenalan lokasi perusahaan dan beberapa bagiannya hingga mengikuti setiap kegiatan di Gapoktan Al-Barokah dengan beberapa metode antaranya wawancara, dokumentasi, diskusi, demonstrasi, dan evaluasi. Setiap kegiatan di Gapoktan Al-Barokah yang dilakukan dengan bimbingan dan arahan dari pembimbing lapang. Salah satunya yaitu melakukan pengelolaan pasca panen padi organik. Pengelolaan pasca panen merupakan sarana kegiatan yang dilakukan setelah pemanenan hingga kepada tahap pemasaran. Penanganan pasca panen bertujuan agar hasil panen dapat terjaga mutu dan kualitasnya hingga produk sampai ke tangan konsumen. Dalam peningkatan kualitas perlu pengembangan pengelolaan pasca panen untuk menjadi fokus penting.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMalika, Uyun ErmaNIDN0008018802
Uncontrolled Keywords: Beras Organik, Pasca Panen, Proses
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Puput Anggraeni
Date Deposited: 25 Jul 2023 09:17
Last Modified: 25 Jul 2023 09:19
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25850

Actions (login required)

View Item View Item