Proses Pengasapan RSS (Ribbed Smoked Sheet) di Rumah Pengasapan PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Kalirejo, Glenmore, Banyuwangi

Wanta, Firman Dwi (2022) Proses Pengasapan RSS (Ribbed Smoked Sheet) di Rumah Pengasapan PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Kalirejo, Glenmore, Banyuwangi. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN_B31200195 FIRMAN DWI WANTA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB1_B31200195 FIRMAN DWI WANTA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (100kB)
[img] Text (LAPORAN LENGKAP)
LAPORAN LENGKAP_B31200195 FIRMAN DWI WANTA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_B31200195 FIRMAN DWI WANTA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (155kB)

Abstract

Kegiatan Magang adalah suatu program belajar sekaligus berlatih bekerja dengan cara langsung pada sebuah perusahaan selama beberapa waktu. Tujuan dari kegiatan magang yaitu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, menambah wawasan tentang dunia pekerjaan. Metode yang diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan magang adalah observasi lapang, penerapan kinerja dengan mengikuti aktivitas pekerjaan yang ada di pabrik dan pengolahan RSS (Ribbed Smoked Sheet) PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Kalirejo, studi pustaka, dan penyusunan laporan. Kegiatan yang dilaksanakan selama magang yaitu penyadapan, penerimaan lateks, pengolahan lateks, penggilingan, pengasapan, dan sortasi. Pengasapan sheet adalah metode pemanfaatan sumber panas yang berasal dari asap hasil pembakaran kayu untuk mengeringkan dan mengawetkan sheet agar tidak berjamur pada saat disimpan serta mengubah warna sheet yang semula putih menjadi coklat. Proses pengasapan dilakukan di rumah pengasapan. Rumah pengasapan terdapat dua ruangan yaitu, ruang pengasapan yang terlatak di bagian atas dan ruang produksi asap terletak di bagian bawah. Ruang produksi asap terdapat tungku yang berfungsi sebagai alat pembakaran. Prinsip kerja pengasapan yaitu asap dan udara panas yang dihasilkan dari proses pembakaran pada tungku akan mengalir menuju ruang produksi asap melalui lorong asap, kemudian asap dan udara panas akan naik menuju ruang pengasapan akibat adanya dorongan dari udara yang masuk melalui lubang-lubang ventilasi yang ada di dinding ruang produksi asap. Pengasapan dilakukan selama 5-6 hari dengan suhu yang berbeda-beda. Pada hari pertama adalah 40°C-45°C, hari kedua 45°C-50°C, hari ketiga 50°C-55°C, hari keempat 55°C-60°C, hari keenam proses penurunan sheet. PT. Perkebuban Nusantara XII Kebun Kalirejo, Glenmore, Banyuwangi memiliki 12 rumah pengasapan yang terdiri dari 5 rumah berkapasitas 2.500 kg dan 7 rumah berkapasitas 1.800kg.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNurwahyuningsih, NurwahyuningsihNIDN199002262020122005
Uncontrolled Keywords: Observasi Lapang, Pengolahan RSS, Pengasapan Sheet
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > PKL
Depositing User: Firman Dwi Wanta
Date Deposited: 29 Jul 2023 05:20
Last Modified: 29 Jul 2023 05:20
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25807

Actions (login required)

View Item View Item