Teknik Perbanyakan Tanaman Anggrek Dendrobium sp. Pada tahap Transkultur di DD Orchid Nursery Kecamatan Junrejo Kota Batu

Prameswari, Regita (2023) Teknik Perbanyakan Tanaman Anggrek Dendrobium sp. Pada tahap Transkultur di DD Orchid Nursery Kecamatan Junrejo Kota Batu. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
REGITA- RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (168kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
REGITA-BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (151kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
REGITA- full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
REGITA-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (111kB)

Abstract

. NIM A31200328: Tahun 2023, 22 halaman, Program Studi Produksi Tanaman Hortikultura, Jurusan Produksi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Ir. Muh. Zayin Sukri, M.P. Anggrek termasuk tanaman hias yang memiliki bentuk dan warna bunga menarik sehingga banyak diminati oleh pecinta tanaman hias. Anggrek memiliki nilai ekonomis yang tinggi sebagai bunga potong dan tanaman pot (Saepudin dkk., 2020). Terdapat kurang lebih 5.000 jenis tanaman anggrek yang tersebar di Indonesia (Purwanto, 2016). Anggrek memiliki genus yang banyak diantaranya: Dendrobium, Vanda, Phalenopsis, Arachnis, Phapiopedilum, dan lain sebagainya. Dendrobium merupakan salah satu genus anggrek yang menjadi favorit bagi pecinta anggrek (Tuhuteru, Hehanussa, dan Raharjo, 2018). Dendrobium menjadi salah satu jenis anggrek yang paling diminati sebagai anggrek alam hutan Indonesia, karena memiliki tampilan yang menarik, dapat dijadikan sebagai bunga potong, dan bunganya dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama, walaupun sudah terpisah dari tanamannya (Kementerian Pertanian, 2019). Tujuan dari PKL adalah mahasiswa mampu menambah, meningkatkan, mengembangkan, memahami dan mendalami arti penting peranan teknik kultur jaringan tanaman anggrek Dendrobium sp. Teknik aklimatisasi tanaman anggrek Dendrobium sp hasil kultur jaringan yang dilakukan, untuk memenuhi kebutuhan bibit anggrek yang sehat dan berkualitas, serta dapat memenuhi kebutuhan bibit anggrek dalam skala Nasional. Pelaksanaan PKL bertepat di DD’ Orchid Nursery Kota Batu. Alamat tempat tersebut yaitu di jalan Ir. Soekarno 48, Dusun Areng-Areng, Desa Dadap Rejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. PKL dilaksanakan pada semester 6, dimulai pada tanggal 1 Maret 2023 sampai 30 juni 2023. Jadwal kerja yang dilaksanakan yaitu mulai hari Senin sampai hari Sabtu pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSUKRI, MUH ZAYIN SUKRINIDN0012016304
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > PKL
Depositing User: Regita Prameswari
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:33
Last Modified: 25 Jul 2023 07:35
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25784

Actions (login required)

View Item View Item