ANALISIS USAHA TANI PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR GANGGANG MERAH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MELON (Cucumis melo L. inodorus) VARIETAS ORANGE MELODY DI GREENHOUSE SECARA KONVENSIONAL

PRAMESWARI, REGITA PRAMESWARI (2023) ANALISIS USAHA TANI PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR GANGGANG MERAH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MELON (Cucumis melo L. inodorus) VARIETAS ORANGE MELODY DI GREENHOUSE SECARA KONVENSIONAL. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI JEMBER.

[img] Text (ABSTRAK)
REGITA-ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (BAB 1)
REGITA-BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (38kB)
[img] Text (FULL TEXT)
REGITA-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
REGITA-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (99kB)

Abstract

Analisis Usaha Tani Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair Ganggang Merah Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Melon (Cucumis melo L. inodorus) Varietas Orange Melody di Greenhouse Secara Konvensional, Regita Prameswari, NIM A31200328, Tahun 2023, 34 hlm., Produksi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Ir. Tri Rini Kusparwanti, MP (Pembimbing). Melon (Cucumis melo L.) famili Cucurbitaceae merupakan buah populer yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat umum karena memiliki rasa yang manis, tekstur buah daging yang renyah, warna daging buah yang bervariasi, dan harum yang menyengat. Kebutuhan melon dalam negeri setiap tahunnya cenderung terus meningkat, sejalan dengan pertumbuhan penduduk. Sehubungan dengan program peningkatan produksi dan upaya mengurangi import, saat ini mulai diterapkan penggunaan pupuk alternatif yang dampaknya kecil terhadap sumber daya lingkungan usaha pertanian. Salah satu jenis pupuk organik cair yaitu berasal dari konsentrat fermentasi ganggang merah. Pupuk organik dengan bahan dasar alga atau ganggang memiliki keunggulan dalam hal kandungan hormon pemacu pertumbuhan dibandingkan dengan pupuk organik lainnya. Untuk dapat memahami potensi dari kegiatan produksi melon dengan sistem konvensional perlu dilakukan suatu analisis usaha tani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian POC ganggang merah terhadap hasil tanaman melon dan kelayakan usaha tani tanaman melon dengan pemberian POC ganggang merah. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli – Oktober 2022 di Smart Green House tengah Politeknik Negeri Jember dengan menggunakan metode penelitian Rancangan Acak Lengkap (RAL). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis uji T dan dilanjutkan dengan analisis usaha tani. Hasil penelitian ini setelah di uji T memberikan pengaruh tidak nyata pada semua parameter pengamatan. Hasil analisis usaha tani menunjukkan bahwa pada pada kontrol tanaman melon menghasilkan produksi 17,4 kg dengan harga jual Rp 30.000/kg dan Rp7.000 /250 g dengan keuntungan sebesar Rp 247.779. Budidaya orange melody layak dijadikan suatu usaha tani karena R/C ratio > 1 yaitu sebesar 1.9. Pada pemberian perlakuan POC ganggang merah tanaman melon menghasilkan produksi 18,4 kg dengan harga jual Rp 30.000/kg dan Rp7.000 /250 g dengan keuntungan sebesar Rp 254.659. Budidaya melon orange melody layak dijadikan suatu usaha tani karena R/C ratio > 1 yaitu sebesar 1.9.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKUSPARWANTI, TRI RINI KUSPARWANTINIDN0019026203
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > Tugas Akhir
Depositing User: Regita Prameswari
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:00
Last Modified: 25 Jul 2023 07:01
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25782

Actions (login required)

View Item View Item