PENGARUH PUPUK ORGANIK CAIR URINE KELINCI DAN PUPUK KANDANG KAMBING TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PEGAGAN (Centella asiatica L.)

ELFINA, VERA ELFINA (2023) PENGARUH PUPUK ORGANIK CAIR URINE KELINCI DAN PUPUK KANDANG KAMBING TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PEGAGAN (Centella asiatica L.). Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI JEMBER.

[img] Text (ABSTRAK)
VERA ELFINA_RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (13kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
VERA ELFINA_BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (22kB)
[img] Text (FULL TEXT)
VERA ELFINA_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
VERA ELFINA_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (93kB)

Abstract

Pengaruh Pupuk Organik Cair Urine Kelinci Dan Pupuk Kandang Kambing Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Pegagan (Centella asiatica L.),Vera Elfina, NIM A31201084, Tahun 2022, 89 hlmn., Produksi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Refa Firgiyanto, SP., M.Si. (Pembimbing). Tanaman pegagan (Centella asiatica L.) Urban merupakan tanaman liar yang telah lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional baik dalam bentuk bahan segar, kering maupun yang sudah dalam bentuk ramuan (jamu). Di Indonesia pegagan banyak dimanfaatkan sebagai obat penyembuhan berbagai penyakit. Untuk meningkatkan pasokan obat berbahan alami tersebut, diperlukan pasokan bahan baku yang konsisten dengan mutu yang sesuai kebutuhan industri melalui usaha budidaya yang terstruktur. Dalam budidayanya pengunaan pupuk anorganik masih marak digunakan, walaupun akan memberikan efek negatif jika digunakan jangka panjang. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman pegagan serta mengurangi pengunaan pupuk anorganik yaitu dengan pengaplikasian pupuk organik cair urine kelinci dan pupuk kandang kambing. Penelitiaan bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan konsentrasi pupuk organik cair urine kelinci dana pupuk kandang kambing terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pegagan (Centella asiatica L.) diharapkan mampu memberikan pengaruh terbaik melalui pengaplikasian pupuk organik. Kegiatan penelitian dilaksanakan pada bulan Juni-September 2022, di Greenhouse Laboratorium Tanaman Politeknik Negeri Jember dengan ketinggian ±90 mdpl. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial. Yang terdiri dari 2 faktor yaitu pupuk organik cair urine dengan 3 konsentrasi yaitu U0 (tanpa pupuk organik cair urine kelinci), U1 (2ml/100ml air), U2 (4ml/10ml air). Faktor kedua pupuk kandang kambing dengan 3 dosis yaitu P0 (tanpa pupuk kandang kambing), P1 (37 gr/polibag), P3 (75 gr/ polibag). Data yang diperoleh akan dianalisis mengunakan sidik ragam (ANOVA), sesuai dengan rancangan yang digunakan. Apabila dalam perlakuan terdapat perbedaan yang nyata terhadap variabel yang diamati akan dilakukan uji lanjut mengunakan Duncan Multiple Range Tes (DMRT) dengan taraf nyata 5% dan 1%. Hasil penelitian setelah di uji F faktor tunggal U1 dengan konsentrasi POC urine kelinci 2ml/100 ml air memberikan hasil berbeda nyata pada perameter jumlah tangkai, sedangkan pada faktor pupuk kandang kambing perlakuan P1 dengan dosis 37.00g/polibag memberikan hasil berbeda nyata pada parameter panjang stolon dan berat akar namun berbeda tidak nyata pada seluruh parameter perlakuan interaksi POC urine kelinci dan pupuk kandang kambing meliputi jumlah daun, jumlah stolon, jumlah anakan, panjang tangkai, panjang stolon, kadar klorofil, berat basah tanaman, berat kering tanaman dan berat akar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFIRGIYANTO, REFA FIRGIYANTONIDN0726039002
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > Tugas Akhir
Depositing User: VERA ELFINA
Date Deposited: 26 Jul 2023 12:03
Last Modified: 26 Jul 2023 12:04
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25777

Actions (login required)

View Item View Item