Fasilitas Kredit Melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan Pupuk Untuk Membantu Permodalan Petani di PT. Sinergi Gula Nusantara Parbik Gula Pradjekan

Andini, Anisah Fara Nur Fasilitas Kredit Melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan Pupuk Untuk Membantu Permodalan Petani di PT. Sinergi Gula Nusantara Parbik Gula Pradjekan. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (104kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (292kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31202012-LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PT. Sinergi Gula Nusantara Pabrik Gula Pradjekan yang termasuk salah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang industri yang berbasis pertanian dengan menjadikan tebu sebagai bahan baku untuk menghasilkan gula. Selain itu, dalam pengolahan tebu juga menghasilkan produk sampingan berupa tetes, ampas tebu dan blotong. PT. Sinergi Gula Nusantara Pabrik Gula Pradjekan merupakan lokasi yang dipilih untuk kegiatan magang yang dilaksanakan selama 4 bulan pada tanggal 1 Maret 2023 sampai 31 Juni 2023. Metode pelaksanaan yang digunkan selama kegiatan magang yaitu metode orientasi, observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Tujuan khusus magang ini adalah dapat mengetahui fasilitas kredit yang disediakan oleh Pabrik Gula Pradjekan, Melatih menghadapi dunia kerja yang sebenarnya dan mencetak tenaga kerja yang handal serta dapat mengetahui secara nyata kondisi Pabrik Gula Pradjekan mulai dari adminustrasi, pemeliharaan, penebangan, pengangkutan, penggilingan dan proses pengolahan gula. Permodalan petani merupakan faktor yang sangat penting untuk menunjang usaha taninya. Tinggi rendahnya produktivitas usaha tani tebu salah satunya dipengaruhi oleh modal yang dimiliki petani. Melihat begitu pentingnya modal untuk menunjang usaha tani tebu petani, maka Pabrik Gula Pradjekan menyediakan fasilitas kredit yang berupa pinjaman KUR dan pupuk melalui bank BNI. Berdasarkan analisis biaya dari hasil wawancara petani diperoleh presentase biaya yang berasal dari pinnjaman sekitar 49,3 % sedangkan sekitar 50,7 % berasal dari modal yang dimiliki.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorY.P, M.EdwinsyahNIDND19880808 25202 1 031
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 573 - Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll)
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL
Depositing User: Anisah Fara Nur Andini
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:13
Last Modified: 25 Jul 2023 07:14
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25724

Actions (login required)

View Item View Item