Pemetaan Tingkat Produktivitas Jeruk Siam (Citrus Nobilis) Dengan Sistem Pengelolaan Usahatani Mandiri Di Kecamatan Bangorejo Dan Cluring

Setiyadi, Fajar (2023) Pemetaan Tingkat Produktivitas Jeruk Siam (Citrus Nobilis) Dengan Sistem Pengelolaan Usahatani Mandiri Di Kecamatan Bangorejo Dan Cluring. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
1. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (111kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
3. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (141kB)
[img] Text (Full Text)
A31201243_Fajar Setiyadi_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy

Abstract

Jeruk siam merupakan salah satu tanaman yang diminati masyarakat Indonesia. Rasanya yang asam dan manis membuat jeruk ini segar saat dikonsumsi (Suratno, Kasutjianingati dan Firgiyanto, 2018). Jeruk siam merupakan buah yang kaya akan gizi seperti tinggi akan vitamin C. Selain itu jeruk siam juga memiliki penampilan dengan kulit halus dan mengkilap (H., Poerwanto dan Suketi, 2016). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat produktivitas dan kelayakan usahatani budidaya jeruk siam dengan sistem mandiri di kecamatan Bangorejo dan Cluring. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juli sampai bulan Agustus 2022 di kecamatan Bangorejo dan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data, mengolah data dan menganalisis data berupa hasil produksi jeruk dan data-data yang diperoleh dalam bentuk angka-angka atau diangkakan sebagai deskrisi secara sistematis, factual dan akurat. Pengumpulan data primer dilakukan dengan mewawancarai informan secara langsung menggunakan kuisioner. Data primer melipputi identitas petani dan aspek produksi . Data sekunder didapat dari lembaga atau instansi terkait penelitian, seperti data Kecamatan Bangorejo dan Cluring, BPS dan pustaka-pustaka ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas dan kelayakan usahatani jeruk siam pada kecamatan Bangorejo dan Cluring termasuk tinggi namun produktivitas tersebut masih bisa ditingkatkan dengan cara budidaya dengan lebih intensif. Pengoptimalan cara budidaya yakni dengan mengikuti cara budidaya dari Pengelolaan Terpadu Kebun Jeruk Sehat (PTKJS) sebagai solusi pencegahan serangan virus CVPD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSiswadi, EdiNIDN0024086302
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > Tugas Akhir
Depositing User: Fajar Setiyadi
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:31
Last Modified: 26 Jul 2023 08:39
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25668

Actions (login required)

View Item View Item