Implementasi Usaha Magical Event Planner dalam Membentuk Karakter Kewirausahaan bagi Mahasiswa Magang Wirausaha Merdeka di CV. Pandawa Tujuh Malang,

Pramana, Devi Nabila Kurnia (2022) Implementasi Usaha Magical Event Planner dalam Membentuk Karakter Kewirausahaan bagi Mahasiswa Magang Wirausaha Merdeka di CV. Pandawa Tujuh Malang,. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (186kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (311kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (356kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap_Devi Nabila K P_F31201826.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Politeknik Negeri Jember adalah perguruan tinggi vokasi yang terletak di Jember, dimana proses pembelajarannya lebih mengarah kepada praktik. Politeknik Negeri Jember memiliki salah satu program untuk menerapkan pembelajaran praktikum sebagai bentuk implementasi pengetahuan dan keterampilan yang telah di dapatkan, yakni pelaksanaan magang. Kegiatan magang memiliki tujuan untuk membantu mahasiswa meningkatkan keahliannya dalam dunia kerja serta memperkenalkan kepada mahasiswa tentang dunia usaha dan dunia industri. Program magang yang diikuti oleh penulis adalah program Wirausaha Merdeka, dimana program tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan 17 perguruan tinggi sebagai pelaksana program. Program Wirausaha Merdeka ini dapat membantu mahasiswa untuk mendorong minat dan bakat mahasiswa dalam berwirausaha. Program ini memiliki serangkaian kegiatan seperti, Kick Off, Entrepreneurship Development Class, Outbound, Magang Tematik, Inkubasi Bisnis, Bootcamp, Gelar Produk, hingga serangkaian yang terakhir adalah Closing Ceremony Wirausaha Merdeka. Dalam kegiatan Magang Tematik, penulis memilih CV. Pandawa Tujuh sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan Magang Wirausaha Merdeka yang berada di kota Malang. CV. Pandawa Tujuh adalah perusahaan jasa seperti Event Organizer, Wedding Organizer, Gathering, Outbound, Tour and Travel. Selama kegiatan magang tematik, penulis diberi keempatan untuk bertugas dalam kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah kota Malang, kegiatan lomba foto, fashion, dan kriya Dekranasda kota Malang, kegiatan doa bersama korban Kanjuruhan, acara wedding, kegiatan bazaar halal kota Malang, dan kegiatan sambaing kelurahan oleh Bapenda kota Malang. Dalam kegiatan lomba foto, fashion, dan kriya Dekranasda kota Malang, penulis memiliki tantangan dalam menghafal tempat-tempat yang termasuk dalam kategori perlombaan. Maka dari itu, penulis harus berperan aktif dalam mengetahui tempat-tempat yang ada dan bertanggung jawab menyampaikan informasi yang ada kepada para peserta. Penulis dapat mengasah soft skill dan hard skill selama mengikuti kegiatan magang tematik Wirausaha Merdeka secara langsung, sehingga penulis dapat memahami dan memiliki gambaran bagaimana dunia kerja sesungguhnya. Selama mengikuti kegiatan magang, tidak sedikit pelajaran dan pengalaman yang didapatkan, dari segi soft skill maupun hard skill. Dan melalui hal tersebut, penulis dapat menerapkannya ketika berada di dunia kerja.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIndrastana, Nodistya SeptianNIDN0722098802
Subjects: 500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 530 - Ilmu Bahasa Asing > 531 - Sastra (dan Bahasa) Inggris
Divisions: Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D3 Bahasa Inggris > PKL
Depositing User: Devi Nabila Kurnia Pramana
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:22
Last Modified: 26 Jul 2023 03:23
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25666

Actions (login required)

View Item View Item