Aplikasi Pupuk Organik Cair Urine Sapi Pada Budidaya Kedelai Padi Setelah Ibu (Salibu) di P4S Bintang Tani Sejahtera Tamanan-Bondowoso

Firoh, Faridatul Maag (2023) Aplikasi Pupuk Organik Cair Urine Sapi Pada Budidaya Kedelai Padi Setelah Ibu (Salibu) di P4S Bintang Tani Sejahtera Tamanan-Bondowoso. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
rida ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (70kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1 rida.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (19kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
rida dapus.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (73kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Text (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Praktek Kerja Lapang (PKL) adalah salah satu bentuk implementasi secara sistematis antara program pendidikan dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung dalam dunia kerja untuk memperoleh tingkat keahlian sesuai dengan bidang keilmuan yang dipelajari. Kegiatan PKL juga sebagai syarat mutlak kelulusan yang diikuti oleh mahasiswa untuk memperoleh gelar Sarjana Terapan Pertanian (S.Tr.P) di Politeknik Negeri Jember. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 28 Februari sampai 20 Juni 2023 dengan jam kerja mulai pukul 07.00 – 16.000 WIB dengan waktu kerja hari senin – sabtu. Padi salibu merupakan tanaman padi yang tumbuh lagi setelah batang sisa panenditebas/dipangkas, tunas akan muncul dari buku yang ada didalam tanah tunas ini akan mengeluarkan akar baru sehingga suplay hara tidak lagi tergantung pada batang lama, tunas ini bisa membelah atau bertunas lagi seperti padi tanaman pindahbiasa, inilah yang membuat pertumbuhan dan produksinya sama atau lebih tinggi dibanding tanaman pertama (ibunya). Dalam budidaya salibu perlu adanya pemenuuhan unsur hara yang harus terpenuhi. Untuk memenuhi kebutuhan unsur hara maka dilakukan pemupukan. Budidaya padi salibu di P4S Bintang Tani Sejahtera untuk memenuhi kebutuhan unsur hara pada padi dilakukan pemupukan menggunakan pupuk organik padata dari kotoran sapi dan ditambah dengan pupuk urea. Selain dilakukan pemupukan dilakukan penyemprotan dengan menggunkan POC urine sapi. Penggunaan POC urin sapi bertujuan untuk meningkatakan produksi padi salibu.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSoelaksini, Liliek DwiNIDN0001036102
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Faridatul Maag Firoh
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:26
Last Modified: 25 Jul 2023 08:27
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25626

Actions (login required)

View Item View Item