Manajemen Perkandangan PT. Dinamika Megatama Citra Farm Unit 5 Jombang

Fransiska, Cindy Aulia (2023) Manajemen Perkandangan PT. Dinamika Megatama Citra Farm Unit 5 Jombang. [Experiment] (Unpublished)

This is the latest version of this item.

[img] Text (Ringkasan)
C41191192 Cindy Aulia Fransiska-Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (285kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
C41191192 Cindy Aulia Fransiska-BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (106kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
C41191192 Cindy Aulia Fransiska-Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (377kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
C41191192 Cindy Aulia Fransiska-Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Magang adalah salah satu program kemahasiswaan yang mewajibkan para mahasiswa untuk melakukan analisa masalah yang ada dilapangan serta dapat memberikan pengalaman baru dan meningkatkan pengetahuan bagi mahasiswa yang belum pernah didapat selama diperkuliahan. Kegiatan yang dilakukan yaitu mengerjakan kegiatan yang berkaitan dengan manajemen pakan ayam layer di PT. Telur Intan Farm. Kegiatan magang dilakukan selama 2 bulan di PT. Dinamika Megatama Citra Farm Unit 5 Jombang dimulai dari tanggal 1 Agustus sampai tanggal 30 September 2022. Kandang yang digunakan di PT. Dinamika Megatama Citra Farm Unit 5 Jombang menggunakan kandang tipe closed house. Tatalaksana pemeliharaan ayam parent stock fase layer meliputi manajemen perkandangan, manajemen pemeliharaan, manajemen pemberian pakan, manajemen kesehatan yaitu vaksinasi dan pemberian obat, penanganan pasca panen telur dan afkir, pelaksanaan biosecurity, dan penanganan limbah hasil ternak. Dalam mendapatkan informasi di PT. Dinamika Megatama Citra Farm Unit 5 Jombang penulis menggunakan beberapa metode yaitu melakukan wawancara dengan manajer farm dan supervisor, melakukan observasi dan terjun secara langsung untuk mengikuti semua kegiatan yang ada di farm, dan juga mendokumentasikan kegiatan yang berlangsung di farm untuk dijadikan salah satu bukti terlaksananya kegiatan – kegiatan yang sudah dikuti. Berdasarkan hasil yang didapat saat melakukan kegiatan magang mengenai sistem dan manajemen perkandangan di PT. Dinamika Megatama Citra Farm Unit 5 Jombang, sistem manajemen kandang pada farm tersebut menggunakan kandang tipe close house full otomatis kecuali pakan khusus jantan masih manual serta pemanenan telur, atap pada PT. Dinamika Megatama Citra Farm Unit 5 vii Jombang menggunakan atap tipe gable, dengan cooling pad serta blower, yang menjadikan suhu udara lebih lancar dan membantu mengeluarkan debu dan amonia di dalam kandang, serta dapat mengatur suhu yang ada di dalam kandang, tempat pakan menggunakan model chain feeder otomatis, dan tempat minum tipe nipple, sedangkan lantai menggunakan tipe kombinasi yaitu slat dan litter, dan juga troli atau kereta dorong untuk mempermudah pengangkutan pakan, telur, dll. Pada setiap kandang juga memiliki tempat fumigasi telur sendiri-sendiri.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSiswantoro, DharwinNIDN0005047302
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 211 - Ilmu Peternakan
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D4 Manajemen Bisnis Unggas > PKL
Depositing User: Cindy Aulia Fransiska
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:43
Last Modified: 26 Jul 2023 03:17
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25602

Available Versions of this Item

  • Manajemen Perkandangan PT. Dinamika Megatama Citra Farm Unit 5 Jombang. (deposited 25 Jul 2023 03:43) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item