Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Kopi Bubuk Kahyangan Sachet Menggunakan Metode Importance Performance Analysis

Arasy, Syadila Ayu Cahya (2023) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Kopi Bubuk Kahyangan Sachet Menggunakan Metode Importance Performance Analysis. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (56kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
Bab 1. Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (125kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (189kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B32201558_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Perkebunan Kahyangan merupakan salah satu perusahaan yang membudidayakan kopi robusta di Kabupaten Jember. Berdasarkan data produksi dan penjualan kopi bubuk kahyangan sachet dalam 3 tahun terakhir mengalami ketidakseimbangan antara produksi dan penjualan. Jumlah produksi melebihi jumlah penjualan, sehingga stok dalam gudang masih banyak. Untuk menyeimbangkan jumlah produksi dan penjualan maka penjualan harus ditingkatkan. Sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan penjualan dapat dilakukan dengan cara membangun kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap Produk Kopi Bubuk Kahyangan Sachet dan mengetahui tingkat kinerja dan tingkat kepentingan setiap atribut berdasarkan metode Importance Performance Analysis (IPA). Penelitian ini akan dilaksanakan pada bulan Februari hingga bulan Maret 2023, Lokasi pelaksanaan penelitian ini yaitu di 31 kecamatan yang ada di Kabupaten Jember. Berdasarkan hasil penelitian ini kualitas kinerja pada Produk Kopi Bubuk Kahyangan Sachet telah memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen namun perlu dilakukan perbaikan lagi. Terpenuhinya keinginan dan kebutuhan konsumen dapat dilihat pada tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan dan tingkat kinerja semua atribut masuk ke dalam presentase 80-100% yang artinya tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan dan tingkat kinerja semua atribut telah memenuhi kepuasan konsumen namun perlu dilakukan perbaikan lagi. Atribut yang masuk dalam kuadran II yaitu daya tarik ilustrasi pada kemasan kopi bubuk kahyangan sachet, kemampuan kemasan dalam menjaga produk kopi bubuk kahyangan sachet, aroma kopi bubuk kahyangan sachet, masa ix simpan produk kopi bubuk kahyangan sachet, harga produk kopi bubuk kahyangan sachet. Kemudian atribut yang masuk dalam kuadran III yaitu kekentalan kopi bubuk kahyangan sachet setelah diseduh kemudahan mendapatkan produk kopi bubuk kahyangan sachet, promosi iklan produk kopi bubuk kahyangan sachet, merek yang telah dikenal. Terakhir atribut yang masuk dalam kuadran IV yaitu warna kemasan kopi bubuk kahyangan sachet dan warna kopi bubuk kahyangan sachet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBrilliantina, AuliaNIDN0010098406
Uncontrolled Keywords: Kopi Bubuk, Metode Importance Performance Analysis, Perumda Kahyangan
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Syadila Ayu Cahya Arasy
Date Deposited: 25 Jul 2023 13:14
Last Modified: 25 Jul 2023 13:16
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25537

Actions (login required)

View Item View Item