Uji kinerja Sistem Irigasi Tetes Otomatis Pada Tanaman Kayu Manis (Cinnamomum Burmani) Berbasis Mikrokontroller Arduino Uno

Andriansyah, Muhammad Robi (2023) Uji kinerja Sistem Irigasi Tetes Otomatis Pada Tanaman Kayu Manis (Cinnamomum Burmani) Berbasis Mikrokontroller Arduino Uno. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (28kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (34kB)
[img] Text (Full Text)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (30kB)

Abstract

Irigasi tetes merupakan salah satu jenis pengairan mikro yang menggunakan air dengan efisien dan efektif. Teknologi irigasi tetes merupakan teknologi maju dalam pengairan mikro yang dapat meningkatkan produksi dan kualitas hasil pertanian dan perkebunan.Sistem irigasi tetes konvensional telah dipakai secara signifikan, namun tidak ada kendali otomatis untuk mengatur waktu penyiraman. Metode tersebut dianggap kurang efektif jika dibandingkan dengan sistem yang dilengkapi dengan kendali otomatis berbasis mikrokontroller. Berdasarkan permasalahan tersebut untuk meningkatkan efisiensi penyiraman tanaman kayu manis di Departemen Riset PT. Petrokimia Gresik dibuatlah sebuah alat irigasi tetes otomatis dengan berbasis mikrokontroller arduino uno. Sebelum alat tersebut digunakan secara massif, maka diperlukan pengujian untuk mengetahui apakah sistem irigasi tetes otomatis berbasis mikrokontroller arduino uno yang telah dibuat ini sudah efektif dan efisien atau belum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dan efisiensi alat Sistem Irigasi Tetes Otomatis Pada Tanaman Kayu Manis (Cinnamomum burmani) Berbasis Mikrokontroler Arduino. Berdasarkan hasil pengujian keseluruhan pada sistem irigasi tetes otomatis didadapatkan hasil penyiraman pada tananaman kayu manis (Cinnamomum Burmani) oleh sistem kontrol pada saat angka kelembapan menyentuh nilai 50 % sehingga apabila nilai kelembapan di atas 50% maka komponen sensor akan mendeteksi dan memberikan perintah untuk mematikan pompa. Pada saat angka menyentuh nilai di bawah kelembapan 40% maka komponen sensor akan mendeteksi dan memberikan perintah untuk menyalakan pompa sehingga akan terjadi proses penyiraman tanaman. Hasil pengujian sistem irigasi tetes otomatis menunjukkan debit emitter rata-rata sebesar 6,11 ml/detik. Hasil rata-rata debit tersebut dapat berubah sesuai dengan keaadaan atau cuaca yang sedang terjadi pada daerah tersebut. Keseragaman pemberian air (EU) mendapatkan nilai rata-rata sebesar 85,88%. Dimana nilai tersebut termasuk ke dalam kriteria baik. Dan efisiensi penyimpanan air (Ea) sebesar 77,29% dimana nilai tersebut tergolong cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSaleh, Anang SupriadiNIDN004126703
Uncontrolled Keywords: Irigasi Tetes, Kelembapan, Mikrokontroller, Keseragaman, Uji Kinerja
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 164 - Mekanisasi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Robi Andriansyah
Date Deposited: 23 Jul 2023 05:25
Last Modified: 23 Jul 2023 05:33
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25525

Actions (login required)

View Item View Item