Analisis Usaha Tani Budidaya Tanaman Melon (Cucumis melo L.) Secara Hidroponik Di Hortimart Agro Center Kabupaten Semarang

Pratiwi, Marcelly Ainin Rohmatul Husnah Pratiwi (2023) Analisis Usaha Tani Budidaya Tanaman Melon (Cucumis melo L.) Secara Hidroponik Di Hortimart Agro Center Kabupaten Semarang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Marcelly Ainin - Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (109kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Marcelly Ainin - BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Marcelly Ainin - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (84kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Marcelly Ainin - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tanaman melon (Cucumis melo L.) merupakan buah yang bernilai tinggi yang sering dibudidayakan karena memiliki rasa yang cukup enak dan mempunyai kandungan gizi yang baik. Buah melon mempunyai harga yang relatif tinggi dibanding tanaman hortikultura umumnya. Konsumsi buah melon semakin meningkat seiring dengan peningkatan pola makan penduduk Indonesia yang membutuhkan buah segar sebagai salah satu sumber gizi sehari-hari. Pertanian dengan menggunakan sistem hidroponik memang tidak memerlukan lahan yang luas dalam pelaksanaannya, tetapi dalam bisnis pertanian hidroponik layak dipertimbangkan mengingat dapat dilakukan di pekarangan rumah, atap rumah, maupun lahan lainnya Tujuan Praktek Kerja Lapang (PKL) adalah mampu melakukan budidaya tanaman semusim khususnya budidaya tanaman melon, memperoleh keterampilan dalam melakukan budidaya tanaman secara hidroponik, memahami masalah yang terjadi dalam tahapan budidaya melon secara hidroponik, dapat memahami analisa usaha tani yang sesungguhnya mengenai budidaya tanaman melon di Hortimart Agro Center. Pelaksanaan PKL bertempat di Jalan Gatot Subroto 55 Bawen, Kota Semarang, Jawa Tengah. Kegiatan PKL dilaksanakan mulai tanggal 1 Maret 2023 – 28 Juni 2023 pada pukul 06.00 – 12.00 WIB, yang dilaksanakan mulai hari senin – sabtu. Hortimart Agro Center merupakan kebun buah dan sayur yang dijadikan sebagai percontohan Agro khususnya bagi masyarakat petani. elalui yayasan Obor Tani dan para pekerja Hortimart Agro Center mulai menyongsong mimpi baru menjadi Pusat Percontohan pertanian terbaik di Indonesia. Membangun semangat mencintai Produk Buah Lokal Indonesia dengan cara memproduksi buah dan sayuran berkualitas Hasil analisa usaha tani budidaya melon secara hidroponik dengan populasi tanaman 1.176 dan luas greenhouse 750 m2 diperoleh hasil produksi 1.459,2 kg dengan total biaya Rp 32.650.767 dan harga jual Rp 35.000 /kg. Pendapatan yang diperoleh sebesar Rp 51.072.000 dengan keuntungan Rp 18.421.233. Budidaya tanaman melon secara hidroponik layak untuk diusahakan karena menghasilkan nilai R/C rasio > 1.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKusparwanti, Tri RiniNIDN0019026203
Uncontrolled Keywords: sistem budidaya melon, hidroponik, usaha tani
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 152 - Hortikultura
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Hortikultura > PKL
Depositing User: Marcelly Ainin Rohmatul Husnah Pratiwi
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:50
Last Modified: 20 Jul 2023 06:17
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25376

Actions (login required)

View Item View Item