Penerapan Good Manufacturing Practices (GMP) Pada Plant Tolling Di PT. Satoria Agro Industri

Permatasari, Amalia (2023) Penerapan Good Manufacturing Practices (GMP) Pada Plant Tolling Di PT. Satoria Agro Industri. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

This is the latest version of this item.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (61kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (100kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (83kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B32200067_AMALIA PERMATASARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Good Manufacturing Practices (GMP) atau Cara Produksi Pangan Olahan Yang Baik (CPPOB) adalah cara memproduksi yang baik dan benar untuk menghasilkan produk pangan yang aman, bermutu dan layak dikonsumsi. Penerapan GMP bagi industri pangan adalah merupakan kewajiban untuk menjamin mutu dan kemanan pangan bagi konsumen sebagaimana diatur didalam Peraturan Menteri Perindustrian RI No. 75/M-IND/PER/7/2010 tentang Pedoman Cara Produksi Pangan Olahan Yang Baik. Penyusunan GMP dimaksudkan untuk mewujudkan sistem yang memastikan bahwa produk secara konsisten pada saat produksi dan diawasi sesuai dengan standar kualitas. Magang merupakan salah satu kewajiban yang wajibdilaksanakan sebagai salah satu syarat meraih gelar ahli madya (D-3) oleh setiap mahasiswa Program Studi Teknologi Industri Pangan Politeknik Negeri Jember. Tujuan dari magang ini adalah sebagai sarana bagi mahasiswa agar dapat mencari keterkaitan antara teori ilmu pengetahuan dengan kondisi yang dijumpai pada saat berada di lapangan. Magang dilaksanakan selama 4 bulan mulai 12 Agustus – 12 Desember 2022 di PT. Satoria Agro Industri. Metode yang digunakan dalam pelaksanaanmagang adalah metode observasi, wawancara, penerapan kerja dengan mengikuti seluruh aktivitas yang ada di PT. Satoria Agro Industri, metode studi pustaka dan penyelesaian laporan. Hasil pengamatan selama magang tentang Good Manufacturing Practices (GMP) atau Cara Produksi Pangan Olahan Yang Baik (CPPOB) di PT Satoria Agro Industri secara keseluruhan sudah menerapkan sistem GMP dengan baik dan sesuai dengan Peraturan Pemerintah 75/M-IND/7/2010 tentang cara produksi pangan olahan yang baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDBrilliantina, AuliaNIDN0010098406
Uncontrolled Keywords: GMP,TIP20, LAPORAN MAGANG, AMALIA
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Teknik Komputer > PKL
Depositing User: AMALIA PERMATASARI
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:19
Last Modified: 20 Jul 2023 06:20
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25366

Available Versions of this Item

  • Penerapan Good Manufacturing Practices (GMP) Pada Plant Tolling Di PT. Satoria Agro Industri. (deposited 20 Jul 2023 06:19) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item