PENDUGAAN UMUR SIMPAN KOPI BUBUK ROBUSTA KEMASAN METALIZED PLASTIC DENGAN METODE ARRHENIUS (STUDI KASUS DI PERUMDA KAHYANGAN JEMBER)

Sania, Nadia Fara (2023) PENDUGAAN UMUR SIMPAN KOPI BUBUK ROBUSTA KEMASAN METALIZED PLASTIC DENGAN METODE ARRHENIUS (STUDI KASUS DI PERUMDA KAHYANGAN JEMBER). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (79kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (159kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B32200464_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy

Abstract

Pendugaan Umur Simpan Kopi Bubuk Robusta Kemasan Metalized Plastic dengan Metode Arrhenius (Studi Kasus di Perumda Kahyangan Jember), Nadia Fara Sania, NIM B32200464, Tahun 2023, 30 hlm, Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Aulia Brilliantina, S.TP., M.P (Pembimbing). Kopi merupakan salah satu hasil komoditas perkebunan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi diantara tanaman perkebunan yang lain dan memiliki peran penting sebagai sumber devisa negara. Komoditas kopi sendiri dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan para petani kopi dan membuka kesempatan kerja. Kabupaten Jember ialah daerah di Jawa Timur yang memiliki potensi besar untuk memproduksi kopi. Salah satu produsen yang mengembangkan komoditas kopi berada di Kabupaten Jember yaitu Perumda Kahyangan Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendugaan umur simpan pada kopi bubuk Perumda Kahyangan Jember. Penelitian ini menggunakan metode ASLT (Accelerated Shelf Life Test) berdasarkan pendekatan Arrhenius dengan 3 (tiga) variasi penyimpanan produk dengan suhu berbeda yaitu T1 (30℃), T2 (40℃), dan T3 (50℃) dengan masing-masing perlakuan dilakukan pengulangan sebanyak 5 kali, dimana dimulai dengan hari ke – 0 (Kontrol), 7, 14, 21, dan 28. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Arrhenius dapat dilakukan untuk menghitung umur simpan produk. Perhitungan ini dapat diketahui melalui energi aktivasi paling rendah yang diperoleh dari persamaan Arrhenius. Umur simpan kopi bubuk robusta kemasan metalized plastic produk Perumda Kahyangan Jember menunjukkan umur simpan yaitu suhu 30℃ (14 bulan), 40℃ (13 bulan), dan 50℃ (12 bulan).

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBrilliantina, AuliaNIDN0010098406
Uncontrolled Keywords: robusta,TA,kopi,TIP,nadia
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Nadia Fara Sania
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:44
Last Modified: 18 Jul 2023 08:12
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25276

Actions (login required)

View Item View Item