Analisis Perancangan Desain Interface Formulir Asesmen Ulang Pasien Dialisis Di Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah Denpasar Tahun 2023

Zakaria, Fikri (2023) Analisis Perancangan Desain Interface Formulir Asesmen Ulang Pasien Dialisis Di Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah Denpasar Tahun 2023. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (74kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (112kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (133kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
PKL 3_Lap Individu_Fikri Zakaria_G41192322.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Rekam Medis Elektronik adalah Rekam Medis yang dibuat dengan menggunakan sistem elektronik yang diperuntukkan bagi penyelenggaraan Rekam Medis (Kemenkes, 2022). Rekam medis juga terdiri dari beberapa formulir yang kegunaannya berbeda–beda sesuai informasi yang dibutuhkan. Untuk mempercepat dan mengefisiensi waktu pelayanan dibutuhkan formulir yang bisa membantu pelayanan terhadap pasien salah satunya dengan menggunakan formulir elektronik. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan kepala instalasi rekam medis RSUP Prof Ngoerah dijelaskan bahwa rekam medis di RSUP Prof Ngoerah telah mengimplementasikan rekam medis elektronik, namun dalam penggunaannya masih terdapat formulir masih manual dan belum dibuatkan desain interface sehingga belum bisa terintegrasi dengan SIMARS, salah satunya formulir Asesmen Ulang Pasien Dialisis. Sesuai dengan Kemenkes 2022, RSUP Prof Ngoerah harus menyelenggarakan rekam medis elektronik paling lambat pada tanggal 31 Desember 2023. Tujuan penelitian ini yaitu analisis perancangan desain interface formulir asesmen ulang pasien dialisis di RSUP Prof Ngoerah. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu FOCUS PDCA terdiri dari tahap find, organized, clarify, understand, select, plan, do, check, dan action. Solusi yang dipilih untuk menyelesaikan masalah tersbut yaitu dengan desain interface formulir asesmen ulang pasien dialisis. Adanya desain interface formulir asesmen ulang pasien dialisis ini sangat membantu mempercepat proses implementasi rekam medis elektronik. Dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar petugas segera viii mengintegrasikan desain interface yang sudah dibuat ke dalam SIMARS dan melakukan evaluasi sistem yang telah dibangun menggunakan dasar desain interface Formulir Asesmen Ulang Pasien Dialisis.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWicaksono, Andri PermanaNIDN0005038702
Uncontrolled Keywords: Analisis Perancangan Desain Interface Formulir Asesmen Ulang Pasien Dialisis
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Fikri Zakaria
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:56
Last Modified: 18 Jul 2023 08:57
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25273

Actions (login required)

View Item View Item