Analisis Pelepasan Informasi Rekam Medis dalam Menjamin Keamanan dan Kerahasiaan Rekam Medis di RSPAL dr. Ramelan Surabaya

Alifa, Rizqiyah Putri Qoriatul (2023) Analisis Pelepasan Informasi Rekam Medis dalam Menjamin Keamanan dan Kerahasiaan Rekam Medis di RSPAL dr. Ramelan Surabaya. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
1. G41190655 Rizqiyah Putri Qoriatul Alifa - Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. G41190655 Rizqiyah Putri Qoriatul Alifa - Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (238kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. G41190655 Rizqiyah Putri Qoriatul Alifa - Laporan Lengkap.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. G41190655 Rizqiyah Putri Qoriatul Alifa - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (127kB)

Abstract

Sarana pelayanan kesehatan memiliki tanggung jawab untuk melindungi informasi rekam medis pasien terhadap kemungkinan rusak, hilang, pemalsuan dan akses yang tidak sah. Berdasarkan survey di RSPAL Dr. Ramelan Surabaya terkait dengan kasus pelepasan informasi rekam medis kepada pihak ke-3 sering terjadi. masih terdapat banyaknya pelepasan informasi pasien untuk data medik, dimana total permintaan pada tahun 2022 sebanyak 470. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pelepasan informasi rekam medis dalam menjamin keamanan dan kerahasiaan rekam medis di Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. Ramelan Surabaya. Hasil penelitian yaitu terdapat 4 proses atau alur pelepasan informasi rekam medis pasien di RSPAL dr. Ramelan Surabaya yaitu pelepasan informasi rekam medis guna data medik, pelepasan informasi rekam medis guna visum et repertum, pelepasan informasi rekam medis guna asuransi, dan pelepasan informasi rekam medis guna pendidikan atau penelitian. Persyaratan yang dibutuhkan dalam pelepasan informasi rekam medis telah ditetapkan dalam SPO dengan nomor dokumen SPO/231/I/2020. Pihak-pihak yang terlibat dalam proses pelepasan informasi rekam medis pasien adalah Bagian MINMED, Sekertariat, Wakamed, Dokter DPJP, Ijin tertulis pasien dalam proses pelepasan informasi rekam medis digunakan berupa surat kuasa yang ditanda tangani pemberi kuasa/pasien dan penerima kuasa serta bermaterai serta dalam menjamin aspek keamanan dan kerahasiaan dalam proses pelepasan informasi medis pasien, RSPAL dr. Ramelan Surabaya telah membuat kebijakan dan Standar Prosedur Operasioanl atau SPO yang mengatur tentang permintaan data atau informasi, pengurusan asuransi, dan peminjaman file untuk penelitian.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPrakoso, Bakhtiyar HadiNIDN0704048803
Uncontrolled Keywords: Analisis, Hukum Kerahasiaan Rekam Medis, Sistem Pelepasan Informasi Rekam Medis, Rumah Sakit
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 353 - Kebijakan Kesehatan (dan Analis Kesehatan)
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Rizqiyah Putri Qoriatul Alifa
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:42
Last Modified: 18 Jul 2023 07:43
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/25164

Actions (login required)

View Item View Item